Epulis dan Tumor Neuroektodernal Melanotik Pada Bayi

http://www.infogigi.comEpulis Bawaan pada bayi baru lahir

Epulis bawaan pada bayi baru lahir adalah pertumbuhan polipoid jaringan lunak yang timbul dari gusi linger alveolar tidak bergigi pada bayi-bayi baru lahir.

Biasanya terjadi di maksila anterior dan sepuluh kali lebih sering terjadi pada wanita dari pada pria. Neoplasma tersebut kemungkinan besar berasal dari perisit dan secara histologist mirip tumor sel granular.

Secara klinis lesi tersebut berwarna merah muda, lunak dan dapat ditekan. Biasanya melekat pada linger alveolar dengan suatu tangkai dan diameternya dapat mencapai beberapa cm. Perawatannya adalah eksisi tuntas dan kemungkinan tidak akan kambuh.

Tumor Neuroektodernal melanotik pada bayi.

Tumor neuroektodermal melanotik pada bayi adalah neoplasma neuroblastik yang jinak, tumbuh dengan cepat, umumnya terletak di maksila anterior pada bayi-bayi yang  usianya kurang dari 6 bulan.

READ:  Perawatan Gigi Susu Pada Anak

Tumor tersebut tidak menunjukkan predileksi seksual dan mulai sebagai nodula kecil, merah muda atau merah ungu yang mirip suatu kista erupsi.

Kerusakan setempat dan tidak teratur dari tulang alveolar dibawahnya adalah gambaran radiografik yang biasa, juga benih gigi sulung yang mengapung dalam suatu massa jaringan lunak.

Perawatan adalah eksisi konservatif. Pemeriksaan histologist sering menggambarkan adanya pigmentasi. Kekambuhan dan metastasis adalah komplikasi-komplikasi yang jarang terjadi.