Thrush dan Parulis pada Mulut Anak dan Bayi

http://www.infogigi.comThrush (Kandidiasis, Moniliasis)

Thrush atau kandidiasis pseudomembran akut adalah suatu infeksi jamur dari membrane mukosa yang disebabkan oleh Candida albicans dan terutama dijumpai pada bayi.

Thrush adalah infeksi permukaan yang membuat bongkahan-bongkahan ini dengan mudah dapat dihapus dan meninggalkan permukaan yang merah, kasar, dan sakit.

Mukosa pipi, palatum dan lidah adalah lokasi-lokasi infeksi yang umum. Bayi-bayi yang baru lahir sering kali mendapat infeksi tersebut dari jalan lahir ibunya selama kelahiran dan menunjukkan tanda-tanda klinis penyakit dalam beberapa minggu pertama dari hidupnya.

Demam dan iritasi gastrointestinal dapat menyertai kelainana ini. Perawatan terdiri atas obat-obat anti jamur yang dipakai secara topical.

Parulis (Gum Boil)

READ:  Hindari Makanan Berikut Jauhi Anak dari Gigi Berlubang

Parulis adalah suatu respons radang terhadap infeksi bakteri kronis dari sebuah gigi nonvital yang mengalir melalui saluran sinus. Keadaan tersebut paling umum mengenai anak-anak setelah penyebaran infeksi pulpa ke daerah percabangan akar gigi posterior.

Secara klinis tampak sebagai bisul kecil, membenjol, berfluktuasi, kuning sampai merah yang terletak dekat perbatasan mukoginggival di sekitar gigi yang terlibat.

Tekanan pada daerah tersebut dan pus yang dikeluarkan adalah patognomonik. Rasa sakit spontan bukanlah gejalanya, meskipun palpasi pada lesi, gigi dan struktur-struktur disekitarnya dapat menimbulkan rasa sakit. Menghilangkan infeksi odontogenik akan menyembuhkan gum boil.