Pembesaran Gusi Menyeluruh Fibromatosis Gusi Turunan

INFOGIGI.COM – Fibromatosis gusi turunan adalah suatu pembesaran fibrosa progresif yang jarang dari gusi dan diwariskan sebagai suatu ciri autosomal dominan.

Keadaan tersebut timbul pada masa awal kanak-kanak dan menjadi lebih menonjol dengan bertambahnya usia. Pembesaran itu biasanya menyeluruh dan tanpa radang, mengenai permukaan bukal dan lingual dari kedua rahang dengan seimbang.

Loading...

Pembesaran Gusi Menyeluruh Fibromatosis Gusi Turunan
Pembesaran Gusi Menyeluruh Fibromatosis Gusi Turunan

Gusi bebas interproksimal dan marginal membesar, berwarna merah muda dengan merata, keras, tanpa perdarahan dan seringkali bernodula.

Ada 2 macam fibromatosis gusi turunan; menyeluruh dan setempat. Tipe menyeluruh dan setempat.Tipe menyeluruh bernodula dan batasnya tidak jelas, menunjukkan daerah-daerah pertumbuhan gusi globuler yang bergabung, yang menempati dan akhirnya menutupi mahkota gigi-gigi.

READ:  Ulserasi Herpetiformis

Tipe setempat kadang-kadang dijumpai. Dimana pertumbuhan-pertumbuhan soliter terbatas pada atap palatum dari tuberositas maksila atau gusi lingual dari lengkung mandibula.

Pertumbuhan berlebih dari gusi ini tampak licin, keras, dan bulat simetris. Tipe setempat dapat unilateral atau bilateral dan telah disarankan istilah  “fibromatosis gusi fokal” untuk tipe ini.

Fibromatosis gusi turunan dapat menghalangi erupsi gigi, pengunyahan dan kebersihan mulut. Dalam kasus-kasus yang parah, gigi-gigi sulung atau tetap yang tidak bererupsi dapat merupakan keluhan utama pasien.

Penyakit ini tidak akan mereda sendiri, bahkan dengan kebersihan mulut yang baik. Gingivektomi baik dengan skalpel atau laser karbondioksida adalah perawatan pilihan.

Pertumbuhan yang berlanjut memerlukan operasi yang multipel. Keadaan tersebut dapat disertai dengan gambaran wajah akromegali, hipertrikosis atau gangguan mental.

READ:  Meringankan Nyeri dan Mencegah Dislokasi Rahang Bawah

Loading...