Kista Implantasi dan Tumor Mesenkim

http://www.infogigi.comKista Implantasi (Kista Inklus Epitel)

Kista Implantasi adalah kista tidak biasa yang timbul dari reaksi benda asing pada epitel permukaan dimana benda asing tersebut tertanam didalam struktur-struktur epidermal sesudah luka-luka traumatik.

Loading...

Kista tersebut dapat terjadi intraoral atau eksrtaoral, papa usia berapapun, pada ras dan jenis kelamin apapun. Di dalam mulut lesi tersebut tampak sebagai nodula yang keras, berbentuk kubah, dapat digerakkan dengan bebas, terletak di daerah predisposisi, yang sering adalah bibir.

Kista-kista implantasi biasanya kecil, soliter dan tanpa gejala. Pertumbuhan tampak tetap konstan dan mukosa di atasnya tampak licin merah muda. Riwayat trauma sebelumya akan mengarahkan klinisi untuk mencurigai lesi ini. Dianjurkan eksisi bedah dan pemeriksaan histopatologis.

Tumor-Tumor Mesenkim

READ:  Tumor Jinak Neurofibroma

Berbagai tumor mesensim dapat menyebabkan pembengkakan noduler dari bibir. Salah satu contah adalah neurofibroma. Neurofibroma dapat soliter atau dijumpai dalam hubungan dengan penyakit von Recklinghausen.

Jika soliter, suatu Neurofibroma biasanya merupakan nodula tanpa gejala, tidak bertangkai, dan permukaannya licin, terletak pada mukosa pipi, gusi, palatum dan bibir. Secara histologis, tumor tersebut terdiri atas jaringan ikat dan serabut-serabut saraf.

Dengan ditemukannya neurofibroma soliter,maka perlu pemeriksaan yang lebih cermat tentang adanya Neurofibromatosis multipel, karena kelainan yang belakangan tersebut mempunyai kecenderungan yang besar untuk berubah menjadi ganas.

Loading...