Kista Kanalis Insisivus

http://www.infogigi.comKista Duktus Nasopalatinus

Kista kanalis insisivus adalah suatu kista perkembangan yang terbentuk dari sisa-sisa epitel skuamosa atau pernapasan yang terjebak.

Dapat terjadi pada semua usia dan dimana saja disepanjang jalannya kanalis insisivus, tetapi umumnya kista terbatas pada tulang palatum diantara kedua insisivus sentral atas pada tinggi kanalis insisivus.

Kista kanalis insisivus biasanya tanpa gejala dan dijumpai sebagai temuan yang kebetulan selama pemeriksaan rutin. Kista-kista dengan gejala biasanya adalah yang mendapat infeksi bakteri.

Jarang kista tersebut timbul seluruhnya dalam jaringan lunak dari papila insisiva, di tempat mana kista tampak sebagai pembengkakan berfluktuasi, superfisial dan kecil. Kista kanalis insisivus yang tumbuh baik dapat membuat sepertiga anterior palatum keras membengkak.

READ:  Regenerative endodontics

Gambaran radiografis dari kista kananlis insisivus adalah khas. Kista tampak sebagai suatu radiolusensi berbentuk jantung atau oval simetris, di garis tengah dan berbatas jelas, terletak diantara akar kedua insisivus sentral atas yang vital.

Batas kista berkontak dengan kanalis insisivus dan dapat sangat bervariasi ukurannya. Memencarnya akar dan resorpsi akar dari insisivus sentral adalah temuan kadang-kadang yang berkaitan dengan lesi-lesi kistik yang besar.

Kista sama yang terletak lebih ke posterior di palatum dan disebut sebagai kista palatal medial. Keyakinan sekarang adalah kista saluran Insisivus dan kista palatal median menggambarkan anomali sama yang dijumpai pada lokasi yang sedikit berbeda. Perawatan untuk keduanya adalah Enukleasi Bedah.