Menghindari Plak dengan Mengatur Pola Makan

Plak gigi terbentuk dari air ludah dan sisa makanan yang mengandung karbonhidrat dan mudah melekat seperti roti dan coklat. Spesialis Care Dentist pada lembaga kedokteran gigi TNI AL RE Martadinata, Dr Gigi Darmayanti menjelaskan plak gigi harus selalu dibersihkan antara lain dengan membersih gigi secara teratur.

Cara lain untuk menghindari plak adalah dengan mengatur pola makan misalnya dengan mengurangi konsumsi makanan seperti roti dan coklat. Menurut dokter gigi Darmayanti, plak gigi mengandung kuman yang menyerang dua sisi. Jika menyerang gigi, terjadilah lubang gigi. Sedangkan yang diserang adalah tulang melalui lubang antara gusi dan gigi, terbentuklah karang gigi.

Loading...

Tulang yang menyangga gigi tersebut lama kelamaan habis dimakan kuman, sehingga gigi menjadi tanggal. Dokter Gigi Darmayanti menjelaskan proses dari terbentuknya karang gigi hingga tanggal gigi memakan proses lama, namun dapat terjadi pada setiap orang.
Karena itu selain menjaga makanan dan sikat gigi secara teratur, dianjurkan untuk memeriksa gigi ke dokter gigi setiap enam bulan.

READ:  Perawatan Gigi dengan Terapi Akupuntur

Loading...