Pembengkakan Jaringan Lunak Kista Dermoid

http://www.infogigi.comKista dermoid adalah suatu pembengkakan jaringan lunak yang berasala dari degenerasi kistik dari epitel yang terjebak selama perkembangan embrionik.

Kista tersebut dapat terjadi di mana saja kulit, tetapi mempunyai kecenderungan untuk timbul di dasar mulut. Meskipun dalam prosentasi kecil dijumpai sangat dini dalam hidup, kista-kista ini lebih sering dijumpai pada dewasa muda dibawah usia 35 tahun. Tidak ada predikleksi jenis kelamin.

Kista dermoid secara klasik tampak sebagai massa berbentuk kubah, tidak sakit, muncul di dasar mulut. Mukosa di atasnya merah muda, lidah sedikit terangkat dan palpasi memberi konsistensi seperti adonan.

Pasien mengeluh sukar makan dan bicara. Pertumbuhan kista tersebut lambat, tetapi dapat mencapai diameter lebih dari 5 cm. Kista-kista dermoid dapat timbul di bawah dasar mulut jika daerah perkembangan aslinya adalah di bawah otot milohiodeus.

READ:  Apthosa Major

Dalam hal ini terlihat pembengkakakn submental. Secara histologis, lesi tersebut dibedakan dari kista epidermoid oleh adanya struktur-struktur adnexal dalam dinding fibrosa seperti kelenjar sebasea, kelenjar keringat dan folikel-folikel rambut.

Kista-kista dermoid secara khas dibatasi oleh epitel skuamosa berlapis, tetapi epitel pesan-pesan juga dapat ada. Lumennya berisi keratin setengah padat dan sebum, yang membuat konsistensinya seperti adonan dan karenanya aspirasi sulit dilakukan. Enukleasi bedah adalah perawatan yang lebih disukai.