Pembengkakan di Dasar Mulut

Loading...

http://www.infogigi.comRanula (Mucocele dari kelenjar Sublingual)

Ranula adalah suatu kista besar yang berisi mucin di dasar mulut. Ranula mirip dengan fenomena retensi mukus, kecuali bahwa ukurannya lebih besar.

Ranula terbentuk sebagai akibat terhalangnya aliran liur yang normal melalui duktus ekskretoris major yang membesar atau terputus dari kelenjar sulingual (duktus Bartholin) atau kelenjar sumandibuler (duktus Wharton). Tidak ada predileksi jenis kelamin yang jelas dan orang-orang di bawah usia 40 tahun paling umum terkena.

Ada 2 tipe ranula – yang lebih umum, yaitu ranula superfisial, tampak sebagai suatu pembengkakan lunak, dapat ditekan, timbul dari dasar mulut; dan ranula dissecting atau plunging yang menerobos di bawah otot milohiodeus dan menimbulkakan pembengkakan submental.

READ:  Bahan Gigi Tiruan dan Halitosis

Tanda-tanda ranula superfisial adalah translusen atau mempunyai warna kebiru-biruan. Ranula tersebut unilateral, berbetuk kubah dan berfluktuasi. Jika lesi tanpa gejala tersebut membesar, maka mukosanya menjadi meregang, tipis, dan berfluktuasi.

Jika lesi tanpa gejala tersebut membesar, maka mukosanya menjadi meregang, tipis, dan tegang. Tekanan jari tidak akan menyebabkan lesinya cekung, tetapi robekan akan menyebabkan keluarnya cairan mukus.

Seluruh dasar mulut dapat diisi oleh pembengkakan, yang mengangkat lidah dan merintangi gerakan. Ini mengganggu pengunyahan, penelanan, dan bicara.

Ranula dapat dibedakan dari pembengkakan dasar mulut yang lain seperti kista dermoid dan karsinoma mukoepidermoid kelenjar submandibuler dengan sialografi.

Perawatannya adalah eksisi atau marsupialisasi (Operasi Partsch), yang terdiri atas minginsisi mukosa setempat dan menjahit sisa dinding kistik ke dasar mulutnya.

READ:  Phiegmon atau Ludwig S.Angina

Insisi dan drainasi bukanlah perawatan pilihan, karena hal itu akan membuat cairan terkumpul kembali ketika terjadi penyembuhan. Kekambuhan adalah umum dalam kasus plunging ranula atau ranula superfisial yang dirawat tidak sempurna.

Pembuangan kelenjar liur major yang terlibat adalah perawatan yang diindikasikan untuk ranula-ranula  yang kambuh dan plunging ranula.

Loading...