Median Rhomboid Glositis

http://www.infogigi.comAtrofi Papila Sentral dari Lindah

Median rhomboid glositis diperkirakan merupakan cacat pertumbuhan dari turunnya tuberkulum impar yang tidak tuntas. Sekarang teori ini tidak dipercaya lagi; sekarang dipercaya bahwa median rhomboid glositis adalah suatu akibat akhir yang tetap dari infeksi Candida albicans dalam kaitan dengan faktor-faktor lain (mungkin merokok atau perubahan dalam pH mulut).

Median rhomboid glositis seringkali mengenai pria dewasa, usia pertengahan dan jarang mengenai anak-anak. Orang kulit hitam dan putih, keduanya dapat terkena.

Pasien diabetik, supresi imum dan pasien yang baru saja selesai mendapat antibiotik spektrum luas mempunyai prevalensi yang lebih tinggi dari keadaan ini.

Median rhomboid glositis adalah bercak licin, gundul, merah seperti daging tanpa papila-papila filiformis. Lama kelamaan lesi tersebut menjadi bergranula, bulat menonjol dan keras.

READ:  Perjalanan Sikat dan Pasta Gigi

Lokasi yang paling umum adalah garis tengah dorsum lidah, tepat di anterior papila-papila sirkumvalata. Ukuran dan bentuk lesi bervariasi, tetapi seringkali tampak sebagai suatu oval atau belah ketupat, 1 sampai 2,5 cm, berbatas jelas dengan tepi-tepi tidak teratur, tetapi bulat.

Keadaan tersebut umumnya tanpa gejala. Kadang-kadang lesi kandidal eritematosa palatum dijumpai langsung di atas lesi lidah tersebut.