Tumor Sel Granular

http://www.infogigi.comMioblastoma Sel Granular

Tumor sel granular adalah tumor jaringan lunak jinak yang jarang, terdiri atas sel-sel oval yang mempunyai sitoplasma granular yang ekstrem.

Tumor ini dapat terjadi pada berbagai kulit, mukosa dan daerah-daerah viscera, tetapi daerah mulut favoritnya adalah permukaan dorsal-lateral dari lidah.

Teori-teori histogenesisnya saling bertentangan. Sebagian besar penyelidik yakin bahwa tumor tersebut sebenarnya proliferasi sel-sel neurogenik yang jinak.

Tumor sel granula dapat terjadi pada semua usia dan ras, tetapi mempunyai sedikit predileksi pada wanita. Biasanya lesi tersebut terdiri atas nodula submukosa tanpa gejala, soliter, berbentuk kubah yang secara klinis ditutup oleh jaringan yang normal, kuning atau putih. Permukaannya dapat berulserasi jika kena trauma.

READ:  Pentingnya Pemasangan Retainer Setelah Menggunakan Kawat Gigi

Tumor sel granula seringkali tidak bertangkai, berbatas jelas dan keras pada tekanan. Pertumbuhannya sangat perlahan, tanpa sakit dan beberapa tumor mencapai ukuran beberapa cm.

Lesi-lesi yang lebih besar dapat memperlihatkan daerah sentral yang sedikit cekung. Lesi-lesi ini jarang dijumpai pada permukaan ventral lidah. Kira-kira 10% dari penderitanya menunjukkan lesi multipel.

Tumor sel granular ditandai oleh hiperplasia pseudoepiteliomatosa dan sel-sel granular yang secara histologis mempunyai karsinoma epiderimoid dan epulis kongenital pada bayi baru lahir. Ekisi lokal yang konservatif adalah perawatan yang lebih disukai dan lesi ini tidak cenderung kambuh kembali.