Tiroid Lidah dan Kista Blandin Nuhn

Loading...

http://www.infogigi.comTiroid Lidah

Tiroid lidah adalah suatu nodula tidak biasa dari jaringanti roid yang dijumpai tepat di posterior foramen cecum pada sepertiga posterior lidah. Terjadi jika jaringan embrionik dari tiroid tidak berpindah ke permukaan anterolateral dari trakea.

Jaringan tiroid yang menetap terjadi jauh lebih sering pada wanita dari pada pria (perbandingannya adalah 4:1) dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Jika jaringan sisa menjadi kistik, maka kean adaan tersebut menjadi kista duktus tiroglosus.

Tiroid lidah adalah massa menimbul tanpa gejala, yang biasanya ukuran diameteternya kira-kira 2 cm. Bertambahnya vaskularisasi permukaan adalah suatu tanda yang mencolok.

Perdarahan, disfagia, disfonia, gejala-gejala hipotiroidisme dan (jarang) sakit dapat berkaitan dengan keadaan tersebut. Lesi tersebut dapat dibedakan dengan lesi-lesi yang sama dengan memastikan letaknya yang khas di papila sirkumvalata dan dengan memakai pengamatan radionuklid.

READ:  Herpangina Di Rongga Mulut

Biopsi seharusnya ditunda sampai dipastikan bahwa ada sisa kelenjar tiroid dan berfungsi baik. Pada lebih dari 50% pasien dengan tiroid yang salah tempat, maka tiroid lidah adalah satu-satunya jaringan tiroid yang aktif.

Kista Blandin-Nuhn (Kista Retensi Mukus Lingual).

Kelenjar-kelenjar blandin-Nuhn adalah kelenjar liur tambahan pada permukaan ventral dari lidah dan terdiri atas campuran elemen serosa dan mukus.

Jika trauma pada ventral lidah mengakibatkan ekstravasasi liur ke dalam jaringan-jaringan di sekitarnya, maka terjadi pembengkakan tanpa sakit yang relatif kecil, yang disebut kista blandin-Nuhn.

Kista kelenjar liur tambahan yang tidak sering ini terletak dekat ujung permukaan ventral lidah. Tepi-tepinya menimbul dan berbatas jelas, permukaan mukosanya tampak merah muda-merah dan lesinya lunak serta berfluktuasi.

READ:  Papilla Retrokuspid dan Lipofibroma

Jika superfisial, kista tersebut mempunyai tanda-tanda seperti balon dan dasarnya bertangkai. Meskipun biasanya akibat dari trauma, suatu kista blandin-Nuhn dapat kongenital. Kista-kista ini jarang melebihi 1 cm diameternya. Perawatannya adalah biopsi eksisi dan jarang kambuh.

Loading...