Mengenal Insidensi Leukoedema

Loading...

http://www.infogigi.comLeukoedema adalah suatu variasi mukosa yang umum dan berkaitan dengan orang-orang berkulit gelap, tetapi kadang-kadang dapat dijumpai pada orang-orang berkulit putih.

Insidensi leukoedema cenderung meningkat dengan bertambahnya usia dan 50% dari anak-anak kulit hitam dan 92% orang dewasa kulit hitam menderitanya.

Leukoedema biasanya dijumpai bilateral pada mukosa pipi sebagai suatu  film tipis yang opak, putih atau abu-abu. Mukosa bibir dan palatum lunak adalah tempat kejadian yang kurang umum.

Leukoedema seringkali pucat dan sulit dilihat. Menonjolnya lesi berhubungan dengan derajat pigmentasi melanin di bawahnya, derajat kebersihan mulut, dan banyaknya merokok.

Pemeriksaan yang cermat dari leukoedema menunjukkan garis-garis putih halus, kerutan-kerutan dan lipatan-lipatan jaringan yang menumpuk.

READ:  Patah Tulang Rahang

Tepi-tepi lesi tidak teratur dan difus; lesi tersebut memudar ke jaringan di sekitarnya sehingga sulit untuk menentukan di mana lesinya mulai dan berakhir.

Diagnosis didapat dengan cara meregang mukosanya, menyebabkan tampak putih hilang sama sekali dalam beberapa kasus. Menggosok lesi tidak akan menghilangkannya.

Etiologi leukoedema tidak diketahui. Tidak ada komplikasi-komplikasi serius yang dikaitkan dengan lesi ini, juga tidak ada perawatan yang diperlukan.

Loading...