Karsinoma Verukosa atau Florid Papillomatosis Mulut

http://www.infogigi.comMassa keputih-putihan, seperti kembang kol, bertangkai, seperti kutil adalah suatu jenis tumor sel skuamosa ganas yang dipertimbangkan sebagai berkelas rendah dan tanpa metastasis.

Mukosa pipi dan gusi rahang bawah adalah lokasi yang paling umum. Pria-pria di atas usia 60 tahun yang memakai tembakau (bukan dirokok) paling sering mengidapnya. Penyakit tersebut jarang dijumpai pada orang di bawah usia 40 tahun.

Loading...

Karsinoma verukosa mempunyai gambaran permukaan yang jelas. Secara khas ada permukaan keratotik putih dengan disertai papila-papila berbintik-bintik merah muda-merah.

Pertumbuhan ke lateral akan membuat massanya membesar dan tumornya dapat mencapai beberapa cm atau lebih diameternya. Lesi-lesi yang besar dapat merusak daerah sekitar dengan menerobos dan meggerogoti tulang alveolar di bawahnya.

READ:  Perawatan Mencuci Gigi

Lesi-lesi dengan gambaran yang sama meluputi hiperplasia epitel verukosa, piostoma titis vegetans dan leukoplakia verukosa yang berproliferasi.

Perawatan yang dianjurkan adalah eksisi bedah yang luas. Terapi radiasi merupakan kontra-indikasi karena ada risiko perubahan anaplastik menjadi karsinoma sel skuamosa.

Loading...