Trombus dan Hemangioma

http://www.infogigi.comTrombus

Suatu seri peristiwa yang meliputi trauma, pengaktifan urutan pembekuan dan pembentukan beku darah yang secara khas mengakibatkan terhentinya perdarahan.

Loading...

Beberapa hari kumudian penghancuran beku darah terjadi dan aliran darah normal mulai kembali. Dalam kasus-kasus tertentu, jika bekuannya tidak hancur, maka aliran darah tersumbat dan terbentuk trombus.

Trombus tampak sebagai nodula-nodula merah, bulat menimbul, khas pada mukosa bibir. Keras pada palpasi dan dapat sedikit nyeri. Tidak ada predileksi jenis kelamin, tetapi trombus paling umum dijumpai pada pasien di atas usia 30 tahun.

Sumbatan-sumbatan vaskuler dapat membesar secara konsentris dan menutup seluruh lumen pembuluhnya atau masak dan berkapur untuk membentuk suatu plebolit. Plebolit adalah temuan oral yang jarang dan terdapat dalam pipi, bibir, atau lidah. Secara radiografis tampak seperti donat, melingkar, fokus-fokus radiopak dengan tengah yang radiolusen.

Hemangioma.

READ:  Perdarahan Gusi Spontan Gingivitis Leukemia

Hemangioma adalah hamartoma vaskuler, jinak, membesar, yang mungkin dijumpai di setiap lokasi jaringan lunak intraoral. Terjadi pada cukup dini dan sedikit lebih umum pada wanita daripada pria. Dorsum lidah, gusi, dan mukosa pipi adalah lokasi yang umum. Secara histologis dapat merupkan tipe kapiler atau kavernosus.

Hemangioma jika terletak dalam jaringan ikat tidak akan mengubah warna dari permukaan mukosa. Sebaliknya, hemangioma superfisial berwarna merah, biru atau ungu, rata atau sedikit menimbul, permukaannya licin dan sedikit keras.

Hemangioma positif pada diaskopi dan bervariasi dalam ukurannya dari beberapa mm sampai beberapa cm. Batas-batasnya biasanya difus dan permukaan-permukaan yang lobuler tidak sering terlihat.

Hemangioma tunggal paling umum, sedangkan tumor-tumor multipel dijumpai pada sindrom Maffucci. Hemangioma wajah dan mulut membentuk komponen dari sindrom Sturge-Weber.

READ:  Info Gaji Kebersihan Gigi

Hemangioma jaringan lunak yang luas menimbulkan masalah dalam perawatan. Eksisi bedah, bahan-bahan skerosing, terapi krio, dan terapi radiasi sudah digunakan untuk menghilangkan lesi ini.

Hemangioendotelioma adalah jenis hemangioma yang ganas, sedangkan sarkoma Kaposi adalah tumor vaskuler ganas yang dijumpai pada kira-kira 30% dari pasien-pasien AIDS.

Loading...