Kandidiasis Pseudomembran Akut

http://www.infogigi.comKandidiasis pseudomembran akut adalah suatu infeksi opportunistik yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan dari jamur candida albicans superfisal.

Tampak sebagai plak mukosa yang putih, difus, bergumpal atau seperti beludru yang dapat dihapus dan meninggalkan permukaan merah, kasar, atau berdarah.

Loading...

Organisme tersebut adalah penghuni biasa dari rongga mulut, saluran cerna dan vagina. Bayi yang ibunya menderita thrush vagina pada saat melahirkan dan orang dewasa yang mengalami gangguan mikroflora normal dalam mulut akibat antibiotik, steroid, atau perubahan sistemik seperti diabetes, hipoparatiroidisme, immunodefisiensi, atau kemoterapi, seringkali terserang keadaan ini. Tidak ada predileksi ras atau jenis kelamin.

Kandidiasis pseudomembran akut biasanya dijumpai pada mukosa pipi, lidah, dan palatum lunak. Secara klinis, plak-plak putih tersebut tamapak dalam kelompok-kelompok yang mempunyai tepi eritematosus.

READ:  Mengenal Alat Kedokteran Gigi, Tooth Camera

Pola yang khas dijumpai pada pasien asma yang memakai alat hisap steroid. Polanya terlihat sebagai bercak melingkar atau oval yang kemerah-merahan-putih, di daerah berkontaknya aerosol dengan palatum.

Diagnosis dapat ditentukan dengan pemeriksaan klinis, kultur jamur, atau pemeriksaan mikroskopik secara langsung dari kerokan jaringan.

Usap sitologik dengan pewarnaan potasium hidroksida (KOH), Gram atau periodic acid-Schiff (PAS) akan menunjukkan organisme yang sedang berbenih dengan pseudohife yang bercabang-cabang. Pemakaian topikal dari obat-obat anti jamur selama 2 minggu biasanya memberi kesembuhan.

Loading...