Keilitis Angularis dan Kandidiasis Atrofik Kronis

http://www.infogigi.comKeilitis Angularis

Keilitis angularis adalah suatu keadaan sakit kronis yang mengenai sudut-sudut bibir dan disebabkan oleh candida albicans. Secara klinis, keilitis angularis tampak merah dan pecah-pecah, dengan tepi lesi yang kurang merah daripada daerah tengahnya.

Loading...

Keropeng dan nodula-nodula dan granulomatosa kecoklat-coklatan dapat menyertainya. Ketidak-nyamanan waktu membuka mulut dapat membatasi fungsi mulut yang normal. Faktor-faktor predisposisi dan perawatan telah dibahas terlebih dahulu.

Kandidiasis Atrofik Kronis (Denture Stomatitis).

Kandidiasis atrofik kronis adalah bentuk paling umum dari kandidiasis kronis. Ada pada 15 sampai 65% pemakai gigi tiruan lengkap dan sebagian, terutama wanita-wanita tua yang memakai gigi tiruannya.

Di waktu tidur; kadang-kadang juga dapat terjadi pada pasien-pasien yang masih bergigi. Tetapi mandibula jarang terkena. Nama salah untuk penyakit ini adalah istilah “denture sore mouth” dan “alergi gigi tiruan”.

READ:  Pertumbuhan Gigi Susu Pada Anak

Kandidiasis atrofik kronis disebabkan oleh organisme candida yang ada di bawah dasar gigi tiruan. Ada 3 tahap perubahan mukosa.

Lesi yang paling dini adalah daerah-daerah hiperemia sebesar ujung jarum, berwarna merah, dan terbatas dimuara kelenjar-kelenjar liur minor palatal.

Kalau melanjut akan menjadi eritema difus pada palatum keras yang kadang-kadang disertai dengan pengelupasan epitel. Tahap ketiga adalah hiperplasia papiler.

Dapat menyeluruh atau terbatas pada daerah-daerah “relief”. Jarang tampak tahap keempat; pembesaran papil-papil palatum untuk membentuk nodula-nodula merah pada atap palatum.

Terapi yang efektif memerlukan perawatan antijamur untuk mukosa dan dasar gigi tiruan. Peranan trauma, seperti goyangnya gigi tiruan, dapat membuat keadaan tersebut terus berlanjut.

READ:  Informasi Penting Seputar Pasta Gigi

Loading...