Papilla Retrokuspid dan Lipofibroma

http://www.infogigi.comPapilla Retrokuspid

Struktur anatomi ini tidak terlihat pada semua orang. Terdiri atas papula fibroepitel yang keras, biasanya 1 sampai 4 mm diameternya, terletak pada gusi cekat dilingual kaninus bawah, tepat dibawah atau beberapa millimeter dibawah tepi gusi.

Mukosa permukaan biasanya merah muda, lunak, dan halus. Lesi tersebut bertangkai dan tangkainya dapat diangkat dari gusi dengan sonde periodontal.

Keadaan ini adalah suatu variasi dari normal dan seringkali dijumpai bilateral. Beberapa pakar menyatakan bahwa papilla retrokuspid adalah anomaly perkembangan yang menunjukkan bentuk varian  dari fibroma.

Secara mencolok, papilla retrokuspid ada pada sebagian besar anak, tetapi menghilang pada waktu dewasa. Karena itu, insidensi dan ukurannya berkurang dengan bertambahnya usia.

READ:  Nevus Intramukosa dan Nevus Majemuk

Papilla retrokuspid tidak mempunyai predileksi jenis kelamin dan tidak ada perawatan yang diperlukan, kecuali jika diperkirakan akan menggangu gigi tiruan lepasan kelak.

Lipofibroma

Lipofibroma adalah suatu neoplasma intraoral jinak yang jarang dijumpai dan berasal dari jaringan ikat campur.  Secara mikroskopik merupakan suatu massa submukosa berbatas jelas yang terdiri atas sel-sel berisi lemak yang matang dengan komponen jaringan ikat fibrosa yang mencolok.

Secara klinis gambarannya adalah campuran dari fibroma dan lipoma. Umumnya dijumpai pada mukosa bibir dan pipi.

Pada palpasi, lesi tersebut tidak keras, dapat digerakkan, tidak sakit, dan lunak atau kerasnya tergantung pada kandungan lemak kolagennya.

Lesi ini tumbuh lambat, tetapi jika dibiarkan tanpa perawatan, dapat tumbuh sampai diameternya beberapa sentimeter.

READ:  Pembengkakan Jaringan Lunak Kista Dermoid