Tumor Jinak Neurofibroma

http://www.infogigi.comNeurofibroma

Proliferasi neoroplastik dari semua elemen saraf perifer, termasuk selubung  Schwann, akan menimbulkan tumor jinak  neurofibroma.

Paling umum tampak sebagai nodula merah muda yang keras. Secara klinis neurofibroma dapat soliter, difus atau lebi dari 1000 jumlahnya. Nodula soliter adalah jarang.

Lebih umum dijumpai neurofibroma besar multipel yang berhubungan dengan neurofibromatosis (penyakit von Recklinghausen).

Neurofibromatosis adalah kelainan dominan autosomal yang ditandai oleh pigmentasi kulit (bercak-bercak café-au-lait dan bintik-bintik diketiak) dan neurofiroma multipel yang jelas pada kulit, rongga mulut, tulang dan saluran cerna.

Tanda patognomonik dari kelainan ini adalah tanda Crowe, yang terdiri lebih dari 5 bercak café-au-lait dan bintik-bintik diketiak.

Neurofibroma intraoral dapat terletak pada lengkung gigi, mukosa pipi, lidah dan bibir. Sebagian besar neurofibroma jaringan lunak adalah tanpa gejala; tetapi yang timbul didalam jaringan yang lebih dalam dapat menimbulkan sakit dan parestesia.

READ:  Tumor Jinak Limfangioma

Neurofibroma difus terkenal dengan kekerasan dan permukaan nodulernya yang teratur yang seringkali mengakibatkan deformitas fisik.

Dalam beberapa kasus neurofibroma mengalami perubahan menjadi sarcoma, sehingga memerlukan pemantauan yang cermat.

Neurofibroma soliter yang tidak berkaitan dengan penyakit von Recklinghausen tidak mempunyai kecenderungan untuk berubah menjadi ganas.