Veruka vulgaris

Loading...

http://www.infogigi.comVeruka vulgaris adalah suatu pertumbuhan kulit umum yang jarang terjadi intraoral. Penyebabnya adalah virus papilloma.

Perubahan-perubahan seluler akibat virus mengakibatkan temuan klinis yang khas. Secara khas permukaan lesi adalah kasar dan menimbul dengan tonjolan-tonjolan seperti jari-jari putih.

Putihnya veruka intraoral bervariasi tergantung pada banyaknya keratinisasi permukaan. Daerah-daerah merah muda adalah biasa pada dasar lesi.

Veruka umumnya terjadi dikulit, tepi vermilion, mukosa bibir dan pipi, lidah dan gusi cekat. Dasar lesi lebar, tetapi ukuran biasanya kurang dari 1 cm.

Secara klinis veruka dapat tampak sama dengan papiloma, meskipun celahnya lebih dangkal dan massanya tumbuh tanpa tangkai. “inclusion body” dari virus sering kali tampak secara histologist.

READ:  Jenis Bakteri Dalam Rongga Mulut

Penderita veruka kulit kiranya lebih cenderung mempunyai lesi-lesi oral sebagai akibat dari otoinokulasi. Kadang-kadang suatu lesi dapat menghilang dengan spontan. Jika tidak, maka perawatannya adalah eksisi tuntas atau ablasi dengan laser karbon dioksida.

Loading...