Tumor Jinak Limfangioma

http://www.infogigi.comLimfangioma adalah tumor jinak dari saluran limfatik yang terjadi pada masa awal kehidupan, tanpa predileksi jenis kelamin.

Dapat terjadi pada kulit atau membrane mukosa. Sering terjadi dalam daerah rongga mulut. Daerah intraoral yang paling umum adalah permukaan dorsal dan lateral dari bagian anterior lidah, diikuti oleh bibir dan mukosa bibir.

Limfangioma superficial kecil mempunyai tonjolan-tonjolan papil tak teratur yang menggambarkan suatu papiloma. Papiloma tersebut lunak serta dapat ditekan dan bervariasi warnanya dari merah muda normal sampai keputih-putihan, sedikit translusen atau biru.

Lesi yang terletak didalam menyebabkan pembesaran difus dan peregangan dari mukosa permukaan. Makroglosia, makrokeilia dan kistik higroma adalah deformitas klinis akibat dari pembengkakan difusnya.

READ:  Sariawan dan Cara Mengatasinya

Aspirasi atau diaskopi adalah suatu keharusan sebelum eksisi bedah dari limfangioma untuk mencegah komplikasi yang berkaitan dengan hemangioma yang penampilannya sama.

Pasien dengan lesi yang besar, serta difus seringkali perlu dirawat dirumah sakit untuk memantau edema pasca operasi dan kemungkinan sumbatan jalan nafas.

Limfangioma tidak mengalami perubahan menjadi ganas. Beberapa limfangioma, terutama tipe congenital menghilang dengan sendirinya selama masa anak-anak.