Ulkus Pseudoapthosa

http://www.infogigi.comPseudoapthae adalah suatu istilah ciptaan Binney yang menunjuk pada ulkus-ulkus mukosa kambuhan di mulut yang mirip apthosa, dan dihubungkan dengan defisiensi nutrisi.

Penelitian menunjukkan bahwa 20%  dari penderita stomatitis apthosa kambuhan mengalami defisiensi asam folat, besi dan vitamin B12.

Loading...

Pseudoapthae seringkali disertai dengan penyakit peradangan usus, penyakit Crohn, intoleransi gluten, dan anemia pernisiosa.

Pseudoapthae mirip ulkus apthosa, tetapi secara khas lebih menetap. Ada sedikit predileksi untuk wanita antara usia 25 dan 50 tahun.

Ulkus-ulkusnya cekung, membulat dan sakit. Tepi-tepinya dapat menimbul dan kencang, tetapi pengerasan jarang dijumpai.

Perubahan papilla lidah dapat member petunjuk bagi pakar diagnostic tentang keadaan diagnostic tentang keadaan defisiensi nutrisi yang mendasarinya.

READ:  Ulkus Traumatikus

Penyembuhannya lambat dan pasien mungkin mengeluh tidak pernah bebas  dari ulserasi. Penyakit yang kronis dan menetap harus dievaluasi untuk mengetahui adanya defisiensi nutrisi, termasuk pemeriksaan hematologic. Jika hasil laboratorium abnormal, maka diperlukan rujukan medis.

Loading...