Apthosa Major

http://www.infogigi.comPeriadentis mukosa nekrotika kambuhan [PMNR], penyakit Sutton, scarifying  stomatitis, ulkus apthosa berparut kambuhan

Apthosa Major adalah suatu varian besar dari Apthosa minor, mengakibatkan ulkus-ulkus yang lebih besardan lebih merusak, berlangsung lebih lama dan kambuh lebih sering.

Loading...

Etiologinya tidak diketahui; beberapa pakar mencurigai bahwa adanya keterlibatan cacat kekebalan.

Yang lain berspekulasi bahwa suatu ulkus besar adalah bentuk parah dari stomatitis apthosa kambuhan, yang berasal dari penggabungan beberapa ulkus lebih kecil. Umum terjadi pada wanita dewasa muda yang mempunyai kepribadian mudah cemas.

Ulserasi apthosa major seringkali multipel. Ulserasi tersebut mengenai palatum lunak, faucea tonsil, mukosa bibir, mukosa pipi, lidah, kadang-kadang meluas ke gusi cekat.

Khasnya, ulkus asimetris dan unilateral. Gambaran yang paling mencolok adalah ukurannya yang besar dan bagian tengahnya yang nekrotik dan cekung.

READ:  Ulkus Pseudoapthosa

Tepi peradangan yang menimbul dan merah adalah umum. Tergantung pada ukuran, pengaruh traumatic dan infeksi sekunder, ulkus dapat sembuh dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan.

Karena ulkus tersebut mengerosi jaringan ikat, bila sembuh lesi akan membentuk jaringan parut dan distorsi jaringan.

Kerusakan otot dapat mengakibatkan fenestrasi jaringan dan jika periodontiumnya terlibat, perlekatan jaringan dapat rusak. Sakit hebat dan limfadenopati adalah gejala yang umum.

Penyembuhan dapat dipercepat dan pembentukan jaringan ikat dapat dikurangi dengan menggunakan steroid.

Ulkus yang sama dengan ulkus PNMR cukup sering dijumpai dalam hubungannya dengan siklik neutropenia, agranulositosis dan intoleransi gluten.

Ulkus yang terletak pada lidah dapat sangat mirip karsinoma. Adanya pembentukan jaringan parut berguna untuk menentukan diagnose, untuk membedakan dengan keganasan.

READ:  Hipoplasia Email dan Amelogenesis Imperfekta dalam Struktur Gigi

Loading...