Karsinoma Sel Skuamosa

http://www.infogigi.comKarsinoma sel skuamosa seringkali tampak sebagai suatu ulkus. Dalam tahap dini biasanya kecil, tidak sakit, dan tidak berulserasi; tetapi sifat menetap dari penyakitnya mengakibatkan proliferasi neoplastik yang segera mempengaruhi pasokan darah, mengakibatkan telangiektasia permukaan dan akhirnya pembentukan ulkus.

Ulkus yang lebih lanjut cenderung menjadi besar, berbentuk kawah dan bagian tengahnya tertutup oleh selaput nekrotik yang kuning kelabu. Kadang-kadang ada focus kasar merah, sedangkan tepi-tepinya keras, menimbul dan kadang-kadang berjamur.

Karsinoma dapat terjadi disetiap tempat dalam mulut. Daerah-daerah yang paling umum adalah sepertiga posterior dan tepi lateral lidah dan dasar mulut.

Gambaran yang berkaitan dengannya adalah sakit, kebas, leukoplakia, eritroplakia, pengerasan, perlengketan dan limfadenopati. Limfadenopati metastatic ditandai oleh kelenjar limfe seperti karet yang tidak sakit, cekat didasarnya dan menempel bersama-sama.

READ:  Pentingnya Pemasangan Retainer Setelah Menggunakan Kawat Gigi

Penggunaan berlebihan dari alcohol dan tembakau oleh pasien akan meningkatkan kecurigaan pemeriksa akan karsinoma mulut, jika suatu menetap tidak sembuh dalam 14 hari. Biopsy harus dilakukan oleh klinisi yang memberi perawatan utama.