Cara Mencegah Gigi Berlubang

http://www.infogigi.comGigi berlubang merupakan penyebab paling umum sakit gigi. Lubang pada gigi terjadi karena produksi asam laktat oleh bakteri sebagai hasil fermentasi karbohidrat, glukosa, dan sukrosa.

Gigi berlubang paling sering terjadi pada anak-anak. Selain karena struktur gigi anak yang masih merupakan gigi susu, juga karena anak-anak belum memiliki kesadaran untuk merawat dan menjaga kebersihan giginya. Orang tualah yang harus menanamkan kebiasaan sehat pada anaknya.

Loading...

Gigi yang berlubang harus segera ditambal agar tidak menjadi sarang bakteri dan mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut. Biasanya dokter akan member lubang gigi, membersihkannya kemudian menambalnya dengan implant.

Bila gigi yang berlubang ini menimbulkan rasa sakit, dokter gigi akan melakukan pengobatan terlebih dahulu sampai rasa sakitnya menghilang baru kemudian ditambal dengan implan.

Gigi berlubang dapat dicegah dengan cara:

1. Melakukan kebiasaan baik menyikat gigi dua kali sehari. Pagi setelah sarapan  dan malam sebelum tidur.

READ:  Langkah-langkah Untuk Mencegah Gigi Berlubang

2. Memeriksakan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali. Dengan cara ini, dokter gigi dapat mendeteksi lubang pada gigi sejak dini dan segera menambalnya.

3. Mengurangi mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. Akan lebih baik bila menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan tersebut atau berkumur-kumur. Dengan demikian, tidak ada sisa gula yang menempel digigi.

Loading...