4 Macam Gingivitis

http://www.infogigi.comAda beberapa macam Gingivitis

Gingivitis Deskuamativa

Loading...

Merupakan suatu keadaan yang paling sering ditemukan pada wanita pasca menopause dimana lapisan gusi yang paling luar terpisah dari jaringan dibawahnya. Gusi menjadi sangat longgar sehingga lapisan terluarnya bisa digerakkan dengan kapas lidi.

Gingivitis Simpleks

Gusi tampak merah, bukan pink. Gusi membengkak dan mudah digerakkan. Jika penderita menggosok gigi atau makan, gusi seringkali berdarah. Jika Gingivitisnya berat, maka pada saat bangun pagi bantal akan dipenuhi bercak darah, terutama jika pada saat tidur penderita bernafas melalui mulutnya.

Gingivostomatitis Herpetik Akut

Gingivostomatitis Herpetik Akut merupakan infeksi virus pada gusi dan bagian mulut lainnya, yang menimbulkan nyeri. Gusi tampak berwarna merah terang dan terdapat banyak luka terbuka yang berwarna putih atau kuning didalam mulut.

READ:  Makan dengan Menggunakan Tangan dapat Mencegah Kerusakan Gigi

Gingivitis pada Leukimia

Gingivitis pada Leukimia merupakan tanda awal dari leukemia pada sekitar 25% penderita anak-anak. Penyusupan (infiltrasi) sel-sel leukemia ke dalam gusi menyebabkan Gingivitis dan berkurangnya kemampuan untuk melawan infeksi akan semakin memperburuk keadaan ini.gusi tampak merah dan mudah berdarah.

Perdarahan seringkali berlanjut sampai beberapa menit atau lebih karena pada penderita leukemia, darah tidak membeku secara normal.

Loading...