Cara Mengatasi Gingivitis

http://www.infogigi.comUntuk mengatasi Gingivitis, kondisi medis yang menyebabkan atau memperburuk Gingivitis harus diketahui. Setelah penyebabnya diketahui baru kemudian diatasi.

Berikut adalah cara mengatasi Gingivitis berdasarkan penyebabnya:

Loading...

1. Jika penyebabnya adalah obat-obatan, maka pertumbuhan gusi yang berlebihan harus diangkat melalui pembedahan.

2. Jika terjadi kekurangan Vitamin C dan niasin, berikan tambahan Vitamin.

3. Gingivostomatitis Herpetik Akut biasanya membaik tanpa pengobatan dalam waktu 2 minggu. Berikan obat kumur anestetik untuk mengurangi rasa tidak nyaman ketika penderita makan dan minum.

4. Pada Gingivitis deskuamativa diberikan terapi sulih hormone. Pilihan pengobatan lainnya adalah tablet kortikosteroid atau salep kortikosteroid yang dioleskan langsung ke gusi.

5. Untuk mencagah terjadinya perdarahan pada leukemia, sebaiknya penderita membersihkan giginya tidak dengan sikat gigi, tetapi menggunakan bantalan atau busa. Obat kumur klorheksidin bisa diberikan untuk mengendalikan plak dan mencegah infeksi mulut.

6. Pada perikoronitis, sisa makanan dan bakteri dibawah lipatan gusi dibersihkan oleh dokter gigi. Jika rontgen menunjukkan bahwa gigi geraham bawah tidak mungkin tumbuh secara sempurna, maka gigi geraham atas dicabut dan diberikan antibiotic selama beberapa hari sebelum gigi geraham bawah juga dicabut.

READ:  Mengenal Alat Kedokteran Gigi, Tooth Camera

7. Untuk pengobatan infeksi akut yang tanpa komplikasi dapat diberikan antibiotic seperti Erythromycin, Doxycycline, Clindamycin, Minocycline.

8. Penggunaan anti septic kumur seperti klorhexidine dapat membantu mengurangi jumlah kuman dalam mulut.

9. Bila nyeri dirasakan sangat mengganggu, maka dapat diberikan pereda nyeri seperti Paracetamol dan ibuprofen.

Loading...