Serangan dan Infeksi Virus Herpes Simpleks

http://www.infogigi.comYang dimaksud dengan serangan virus Herpes Simpleks adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Virus Herpes Simpleks Tipe I atau tipe II yang ditandai adanya vesikel yang berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah. Vesikel ini paling sering terdapat disekitar mulut, hidung, daerah genital, dan bokong, walaupun dapat juga terjadi di bagian tubuh lain.

Virus Herpes Simpleks ini dapat pula menyerang bayi. Bayi ini mendapatkan virus Herpes Simpleks dari orang dewasa yang memiliki cold care. Infeksi awal pada bayi ini (herpes primer) menyebabkan peradangan gusi biasa dan sakit mulut yang luar biasa. Bisa terjadi demam, pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan tidak enak badan sehingga anak menjadi rewel.

Loading...

READ:  Infeksi Virus Oral Herpes Simpleks

Sebagian besar kasus bersifat ringan dna menghilang dengan sendirinya. Orang tua seringkali menduganya sebagai akibat dari pertumbuhan gigi atau penyakit lainnya.

Dalam 2-3 hari, timbul lepuhan yang sangat kecil (vesikel) di mulut. Vesikel ini mungkin tidak disadari karena mereka segera pecah dan meninggalkan luka terbuka dimulut.

Rasa sakit dirasakan di seluruh mulut, terutama gusi. Seminggu kemudian anak akan membaik, tetapi virus herpes simpleks tetap berada dalam tubuhnya, dan infeksi sering berulang di kemudian hari (herpes sekunder).

Infeksi awal menyebabkan sakit yang menyebar dimulut, tetapi infeksi ulangan biasanya menyebabkan timbulnya cold sore (fever blister, lepuhan yang timbul karena demam).

Loading...