Tips Mengobati Herpes Primer dan Herpes Labialis

http://www.infogigi.comPengobatan pada herpes primer bertujuan untuk mengurangi rasa sakit, sehingga penderita bisa tidur,makan, dan minum secara normal. Hal yang bisa dilakukan untuk mendukung pengobatan adalah:

1. Minum cairan sebanyak mungkin.

Loading...

Rasa nyeri bisa menyebabkan anak tidak mau makan dan tidak mau minum; bila disertai demam, hal ini bisa dengan segera menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

2. Untuk mengurangi nyeri pada penderita dewasa atau anak yang lebih besar, bisa digunakan obat kumur anestetik (misalnya lidokain). Atau bisa juga digunakan obat kumur yang mengandung baking soda.

Pengobatan pada herpes sekunder akan efektif bila dilakukan sebelum munculnya luka, yaitu segera setelah penderita mengalami gejala prodroma.

Dibawah ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat pengobatan:

READ:  Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Berubah Warna

1. Mengonsumsi vitamin C selama masa prodroma bisa mempercepat hilangnya cold sore.

2. Melindungi bibir dari sinar matahari secara langsung dengan menggunakan topi lebar atau dengan mengoleskan balsam bibir yang mengandung tabir surya, bisa mengurangi kemungkinan timbulnya cold sore.

3. Menghindari kegiatan dan makanan yang bisa memicu terjadinya infeksi ulangan. Penderita yang sering mengalami infeksi ulangan bisa mengonsumsi lisin.

4. Salep asiklovir bisa mengurangi beratnya serangan dan menghilangkan cold sore lebih cepat.

5. Balsam bibir seperti jelly petroleum dapat menghindari bibir pecah-pecah dan mengurangi resiko tersebarnya virus ke daerah disekitarnya.

6. Obat antivirus yang dapat digunakan antara lain acyclovir, famciclovir, valacyclovir.

7. Untuk mencegah terjadinya infeksi oleh bakteri, antibiotic diberikan kepada penderita dewasa yang memiliki luka hebat.

READ:  Gigi Bungsu Yang Impaksi

8. Untuk kasus-kasus yang berat dan untuk penderita yang memiliki kelainan system kekebalan, bisa diberikan kapsul asiklovir.

9. Kortikosteroid tidak digunakan untuk mengobati herpes simpleks karena bisa menyebabkan perluasan infeksi

Tindakan berikut bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya herpes labialis:

1. Menghindari kontak langsung dengan cold sore atau luka herpes lainnya

2. Memperkecil kemungkinan terjadinya penularan secara tidak langsung dengan cara mencuci benda-benda yang telah digunakan oleh penderita dengan air panas (lebih baik direbus)

3. Tidak memakai benda bersama-sama dengan penderita herpes, terutama ketika lukanya sedang aktif.

4. Menghindari factor pencetus (misalnya sinar matahari).

Loading...