Penyakit Kanker Mulut

http://www.infogigi.comPenyakit kanker mulut adalah bagian dari kanker kepala dan leher. Kanker mulut menyerang pada bagian-bagian mulut. Kanker ini bisa tumbuh di gusi, bibir, dinding mulut, lidah, langit-langit mulut atau dasar mulut. Kanker mulut termasuk penyakit berbahaya seperti kanker lainnya yang bukan mustahil membawa penderitanya pada kematian.

Kanker mulut yang timbul di lidah biasanya berbentuk benjolan atau timbulnya daging pada lidah. Kanker tersebut akan menyebabkan terjadinya pembusukan atau ketika pecah akan terus mengeluarkan cairan.

Loading...

Kanker mulut yang berada dilidah akan terlihat seperti sariawan yang besar. Lidah akan berlubang dan kian lama akan bertambah besar. Sedangkan kanker mulut yang ada di gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi menjadi bengkak.

READ:  Mengetahui Penyebab Bintik Bintik Putih Pada Bibir Atas

Timbulnya kanker mulut disebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol dan membuat gangguan pada jaringan sekitarnya seperti kepala dan leher. Sel-sel normal memiliki siklus hidup-mati.

Namun, itu tidak terjadi pada sel penyebab kanker mulut. Mereka terus bermutasi, menyebar, dan menyerang organ-organ sekitar sehingga menyebabkan kondisi abnormal dalam mulut.

Sel-sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya. Tumor baru yang tersebar tersebut memiliki sel yang sama dengan tumor primer.

Misalnya, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru merupakan sel kanker mulut. Penyakit ini merupakan metastasis kanker mulut, bukan kanker paru-paru.

Seperti halnya kanker umumnya, penyakit ini sulit dideteksi sejak dini karena tidak memperlihatkan tanda yang nyata.

READ:  Penyebab dan Pertanda Lidah Gatal Serta Cara Mengatasinya

Loading...