Plak Pada Gigi

Plak adalah lapisan lunak dan lengket yang melengket pada gigi. Plak terdiri dari protein dan bakteri. 70% dari bakteri itu berasal dari air liur. Plak terbentuk segera setelah selesai menyikat gigi. Plak mulai mengeras oleh kalsium, fosfor, dan mineral lainnya dan menjadi karang gigi hanya dalam waktu 48 jam setelah pembentukannya.

Karang gigi itu sendiri tidak berbahaya. Hanya saja karang gigi menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar sehingga menjadi tempat melekatnya koloni bakteri yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti radang gusi (gingivitis/periodontitis), kerusakan gigi (karies), dan bau mulut (halitosis).

Loading...

Selain itu, struktur karang gigi yang lebih berpori dari pada enamel membuat gigi mudah berubah warna terlebih lagi jika anda sering merokok, minum kopi atau teh.

READ:  Tips Untuk Mencegah Bau Mulut

Ada cara yang mudah untuk mengetahui apakah terdapat plak pada gigi anda. Ambil satu tablet pewarna khusus dan biarkan meleleh dilidah anda. Gerakkan lidah anda ke permukaan gigi-gigi anda. Kemudian berkumurlah sampai air tidak lagi berwarna. Bagian di mana gigi berubah warna adalah tempat plak.

Loading...