Gigi yang Sakit Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

Gigi yang Sakit Dapat Menyebabkan Penyakit JantungKetika sakit gigi menyerang tentu membut seluruh tubuh Anda akan merasakan sakit. Hal ini Anda harus ketahui jika seseorang mengalami sakit gigi ternyata penyakit lainpun menyerang. Alasanya karena mikroorganisma yang berasal dari gigi dan mulut dapat menyebabkan infeksi atau penyakit dibagian tubuh yang lain. Infeksi di akar gigi maupun di jaringan penyangga gigi melibatkan lebih dari 350 bakteri dan mikroorganisma. Karena letak infeksinya sangat dekat dengan pembuluh darah, produk bakteri berupa toksin dapat menyebar keseluruh tubuh.

Salah satu penyakit yang kami sebut kan disini adalah penyakit jantung. Apakah Anda tahu jika penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia? Beberapa faktor penyebab yang sudah sering kita dengar, antara lain: tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan merokok. Namun, tahukah Anda, buruknya kondisi gigi dan mulut ternyata dapat berpengaruh juga pada penyakit jantung koroner!

READ:  Info Hypodontia Pada Kasus Kehilangan Gigi

Gigi yang berlubang jika tidak segera diantisipasi/dirawat akan dapat menyebabkan infeksi. Tak jarang kita melihat orang yang sakit gigi disertai dengan pipi yang bengkak. Hal ini merupakan contoh infeksi yang berasal dari gigi. Infeksi pada gigi ini ternyata tidak hanya berhenti pada area gigi dan sekitarnya. Bakteri pada infeksi gigi dapat menjalar kebagian tubuh yang lain melalui aliran darah, salah satu tujuannya yaitu jantung. Bakteri patogen dan produknya dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah jantung, yang kemudian mengundang sel-sel radang datang untuk menambal kerusakan ini. Tumpukan ini dapat membentuk hambatan (thrombus) pada pembuluh darah, yang akhirnya dapat mengakibatkan serangan jantung.

READ:  Manfaat Gigi Susu

Selain itu, daerah gigi yang menempel pada gusi (subgingiva) juga merupakan lingkungan bertumbuhnya bakteri. Jika plak dan sisa makanan pada lokasi ini tidak dibersihkan dengan baik, maka lama kelamaan akan terbentuk karang gigi. Jika kondisi ini dibiarkan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, maka gusi dan tulang penyangga gigi akan mengalami kerusakan, atau yang disebut juga periodontitis.

Dalam banyak penelitian, sudah dibuktikan adanya hubungan antara penyakit periodontitis dengan penyakit jantung koroner. Salah satu studi oleh Beck (1996) menunjukan bahwa, orang dengan kondisi gusi dan tulang penyangga gigi yang rusak hingga >20% memiliki risiko 50% lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner, dibanding dengan orang dengan kerusakan gusi dan tulang penyangga 0-20%.

READ:  Perawatan Gigi dengan Terapi Akupuntur

Oleh karena itu, kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang penting untuk kita jaga bagi kesehatan kita secara umum.