Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Susu Anak

Loading...

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Susu AnakGigi susu adalah guidance atau panduan bagi pertumbuhan gigi tetap artinya walaupun sifatnya hanya sementara dan akan tergantikan oleh gigi permanen, namun kesehatnnya harus tetap dijaga dan dipelihara. Anda sebagai orang tua sangat berperna penting untuk menjaga kesehatan gigi ada anak Anda dengan memberikan treatment yang baik kepadanya.

Gigi susu yang tanggal terlalu dini akan mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen. Gigi tersebut sudah  tanggal sebelum saatnya dan benih gigi permanennya belum siap untuk tumbuh, sehingga gigi permanen kehilangan panduan. Itulah salah satu sebabnya pada sebagian orang ada yang giginya berjejal, tumpang tindih, atau keluar dari lengkung rahang.

Oleh karena itu ada baiknya untuk para ibu menjaga dan mengetahui tips merawat gigi susu pada anak Anda. Namun sebelumnya anda haruslah mengetahui struktur gigi susu anak anda. Jumlah gigi susu ada 20, yaitu 10 di rahang atas dan 10 di rahang bawah (masing-masing 4 gigi seri, 2 gigi taring dan 4 geraham). Jumlah itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan 32 gigi dewasa permanen.

READ:  Cara Menghilangkan Tambalan Gigi yang Kuning

Berikut tips atau panduan untuk Anda orang tua dalam merawat gigi susu anak.
Rawatlah seperti gigi permanen
Janganlah membedakan perawatan gigi permanen dengan gigi susu. Sebab gigi susu tetap digunakan oleh anak anda untuk mengolah makanannya. Jika gigi susu kurang sehat maka akan mengganggu aktivitas.

Menyikat gigi di awal pertumbuhan
Sikatlah gigi anak anda seketika saat gigi susunya tumbuh
Hal tersebut memberikan treatment awal yang baik bagi gigi anak anda.

Gunakan sikat gigi yang nyaman
Jika anda menggunakan sikat gigi untuk gigi susu anda sebaiknya menggunakan sikat yang lembut namun tetap memiliki gagang yang kuat. Agar jika anda menyikat gigi maka akan baik di gerakkan kemana saja.

READ:  Prefer Anti- Cellulite Soaps for Prevention from Cellulite

Gantilah sikat gigi setiap tiga bulan sekali
Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi anda setiap tiga bulan sekali. Pemakaian sikat gigi yang terlalu lama akan berpotensi mengumpulkan banyak bakteri pada mulut dan merusak gigi anak anda.

Gunakan pasta gigi khusus anak-anak
Jangan gunakan sembarang pasta gigi pada anak. Berikanlah pasta gigi yang khusus anak-anak agar kandungan yang ada di dalamnya akan cocok bagi gigi susu anak anda. Sebab jika anda menggunakan odol biasa akan beresiko.

Gunakan pasta gigi secukupnya
Saat ingin menyikat gigi anak yang paling penting bagi anda adalah memperhatikan jumlah odol yang digunakan. Jangan terlalu banyak menggunakan odol cukup sebiji jagung saja.

READ:  Kista Fisural dari Jaringan Lunak

Berikan contoh yang baik
Anda haruslah memberikan contoh yang baik kepada anak anda. Misalnya gosok gigi sebelum tidur dan juga setiap setelah makan. Maka akan memberikan kebiasaan baik bagi anak anda dalam merawat giginya.

Rutin mengunjungi dokter
Anda sebaiknya rutin mengunjungi dokter setidaknya 6 bulan sekali agar masalah uang timbul untuk gigi susu yang telah tumbuh. Sebab terkadang gigi susu juga memiliki masalah.

Hentikan kebiasaan menghisap jempol
Jika anak anda punya kebiasaan menghisap jempol maka anda sebaiknya memberikan treatment untuk menghentikan kebiasaannya tersebut agar gigi susu nya tidak terganggu.

Loading...