Cara Terbaik Mencegah Terjadinya Karies Gigi Pada Anak

Cara Terbaik Mencegah Terjadinya Karies Gigi Pada AnakMasalah pada gigi paling rentang terjadi pada anak yang masih berusia dini. Adapun penyebabnya karena masa anak-anak banyak memakan makanan yang manis serta makanan  lainnya yang bisa merusak gigi. Jika hal tersebut tidak terkontrol maka secara berlanjut akan beresiko pada kesehatan gigi anak Anda, akan muncul karies gigi atau pembusukan pada gigi anak yang dapat membuat anak kesakitan.

Perawatan gigi sebaiknya dilakukan sejak awal. Oleh sebab itu Anda sebagai orang tua sangat penting buat Anda untuk memberikan pengawasan ekstar dan juga melakukan hal-hal yang dapat mencegah karies gigi pada anak Anda. Bagaimana cara mencaga terjadinya karies gigi pada anak? Berikut cara terbaik yang info gigi dapatkan dari berbagai sumber untuk Anda para orang tua.

Loading...

READ:  Trik Jitu Ketika Anak Menolak untuk Menyikat Gigi

Bersihkan gigi anak sejak dini

Bagi Anda orang tua cobalah mengajari sejak dini anak Anda untuk membiasakan dan menanamkan contoh yang baik membersihkan gigi setiap hari utamanya malam sebelum tidur. Jika anda membiasakannya maka akan memberikan dampak positif bagi anak Anda nantinya.

Rutin memeriksakan ke dokter gigi

Sebagai orang tua memeriksakan kedokter gigi merupakan langkah awal buat mencegah karies gigi pada anak Anda setidaknya setiap 6 bulan sekali. Hal ini agar kerusakan gigi juga dapat dideteksi sejak dini.

Menggosok gigi secara rutin

Orang tua harus memperhatikan dan menggosok gigi 3 kali sehari merupakan hal yang harus anda kontrol pada anak Anda. Butlah jadwal sikat gigi anak Anda dan jangan sampai ada waktu sikat gigi anak anda yang terlewatkan apalagi jika anak anda setelah makan.

READ:  Konsultasi Seputar Penambalan pada Gigi Anak

Siapkan makanan yang bergizi

Makanan sangat berperan penting dan sangat berpengaruh pada kerusakan gigi sang anak. Sebab jika Anda memberikan makanan yang tidak sehat maka besar kemungkinan gigi anak Anda akan sangat berpotensi untuk mengalami kerusakan.

Miliki benda privasi

Benda brivasi yang info gigi maksud adalah jika anda mempunyai sendok khusus untuk anak Anda dan juga milikilah juga sikat gigi pribadi anda masing-masing. Karena barang Anda dan anak Anda tentunya jauh berbeda.

Hindari pasta gigi yang mengandung flouride

Pasta gigi juga sangat berpengaruh buat kesehatan gigi. Bagi Anda orang tua cobalah untuk menghindari menggunakan pasta gigi yang mengadung flouride sebab anak-anak belum cocok untuk menggunakan kandungan pasta gigi yang seperti demikian.

READ:  Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Susu Anak

Hindari gula

Orang tua juga harus tahu jika gula sangat cepat prosesnya untuk membuat gigi anak menjadi rusak. Jangan memberikan gula pada anak anda. Anda bisa menggantinya dengan madu atau alternatif pemanis lainnya.

Hindari makanan manis sebelum tidur

Hal ini merupakan larangan keras jangan sekali-kali memberikan anak Anda makanan manis saat ingin tidur. Sebab saat tidur maka proses karies akan lebih besar.

Seperti itulah cara terbaik mencegah terjadinya karies gigi pada anak yang diberikan oleh info gigi pada kesempatan ini. Semoga dengan tips diatas para anak indonesia dapat memiliki gigi yang sehat dan kuat. Para sahabat dokter gigi agar kiranya ikut membantu mewujudkan impian kami “Menuju Indonesia Sehat”.

Loading...