Pentingnya Pemasangan Retainer Setelah Menggunakan Kawat Gigi

Pentingnya Pemasangan Retainer Setelah Menggunakan Kawat GigiRetainer merupakan istilah kedokteran gigi yang disebut juga dengan behel lapisan. Retainer merupakan alat ortodonti yang dapat dilepas dan dipasang kembali oleh pasien yang menggunakannya. Retainer memiliki beberapa jenis dapat berupa kawat yang terdapat lapisan akrilik untuk menyambungkan kawat-kawat tersebut dan dapat juga berupa lapisan plastik transparan yang bentuknya sudah sesuai dengan posisi gigi geligi.

Memilih menggunakan perawatan ortodontik, Anda mengharapkan suatu hari dapat memiliki gigi yang rapi. Dan setelah menunggu lama hampir dua tahun, dokter gigi akhirnya memberitahu Anda bahwa sekarang sudah waktunya untuk melepas kawat gigi yang Anda pakai. Anda juga gembira karena bersiap-siap melepaskan diri dari belenggu kawat gigi.

Loading...

Meski begitu, anda belum benar-benar melepaskan diri sepenuhnya. Orthodontis akan memberitahu bahwa Anda harus memakai retainer untuk sementara waktu. Berapa lama lagi perawatan ortodontik ini akan dilalui? Kebutuhan untuk memakai retainer adalah setelah anda menyelesaikan perawatan ortodontik. Hal ini akan dijelaskan di bawah ini.

READ:  Masalah Bau Mulut Menimbulkan Rasa Kurang Percaya Diri

Memakai retainer

Banyak pasien kawat gigi dapat bernafas dengan lega setelah melewati perawatan kawat gigi ortodontik dan ingin segera melakukan apa pun termasuk memamerkan senyum mereka yang baru. Tapi tidak secepat itu. Selesainya pemakaian kawat gigi hanyalah setengah jalan dari sebuah pertempuran. Anda perlu memakai retainer setelah kawat gigi dilepas karena beberapa alasan.

Tidak banyak orang yang mengetahui akan hal ini, tetapi gigi cenderung mencoba dan kembali ke posisi semula setelah kawat gigi dilepas. Hal ini terjadi karena beberapa alasan. Gigi ditarik, didorong, dan dibuat untuk tinggal pada posisi tertentu. Namun, serat periodontal, yang telah mempertahankan gigi dalam posisi tertentu dalam mulut mencoba untuk menariknya kembali ke posisi semula karena ketahanannya. Dengan demikian, untuk mempertahankan gigi di posisi barunya, Anda harus menahan gigi di sana untuk beberapa saat, untuk mencegah perawatan ortodontik berulang lagi.

READ:  Faktor Penyebab Gingivitis atau Gusi Bengkak

Jenis retainer

Kabar baik tentang retainer setelah perawatan ortodontik adalah terdapat berbagai pilihan yang tersedia dari retainer. Anda dapat saja memakai retainer reguler, yang terdiri dari kawat dan plastik yang melekat pada langit-langit dan melengkung di atas dan permukaan bagian dalam gigi bawah gusi depan untuk lengkung bawah. Jika Anda menginginkan pilihan yang lebih estetis, maka Anda juga dapat memilih untuk memakai retainer yang tidak lain adalah kawat gigi invisalign atau dengan plastik bening.

Beberapa pasien kawat gigi yang tidak nyaman dengan peralatan lepasan, mereka bahkan bisa menggunakan kawat pada permukaan bagian dalam gigi atas dan bawah. Ini bukan hanya sebuah pilihan estetika tetapi juga bagus untuk pasien yang takut karena tidak akan sangat teratur dalam memakai retainer. Dalam banyak kasus, dokter gigi akan mengenakan biaya tambahan untuk retainer permanen.

READ:  Malocclusion atau Maloklusi

Ini adalah semua tentang retainer dan mengapa Anda harus memakai retainer setelah melepas kawat gigi Anda, dan berbagai jenis mereka yang tersedia. Biaya retainer biasanya tercakup dalam total perkiraan biaya ortodontik, meskipun hal ini dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat yang berbeda. Ada kasus yang tidak terhitung jumlahnya di mana pasien tidak mengindahkan peringatan mengenai pentingnya memakai retainer, dan pada akhirnya pasien bahkan harus mengulang perawatan kawat gigi. Hal ini 2 kali lipat rasa sakitnya ditambah 2 kali lipat uang! Yang terbaik adalah untuk melakukan seperti yang dokter gigi Anda katakan dan memakai retainer setelah perawatan ortodontik. Banyak waktu akan dibutuhkan untuk memastikan bahwa gigi baru Anda yang rapi tetap selalu bertahan sampai akhir hidup Anda!

Loading...