Cara Terbaik Melakukan Flossing Bagi Pemakai Kawat Gigi

Cara Terbaik melakukan Flossing Bagi Pemakai Kawat GigiFlossing atau atau membersihkan gigi dengan benang, banyak orang yang yang beranggapan jika hal tersebut tidak dilakukan saat memakai gigi kawat. Sebetulnya ada banyak cara yang dapat dilakukan, yang anda butuhkan adalah  kesabaran.

Anda memakai kawat gigi, tentunya ingin berniat memperbaiki struktur gigi anda, namun setelah menggunakannya justru membuat Anda semakin sulit untuk menjaga gigi tetap bersih. Sebetulnya ada beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui tentang flossing, untuk membuat gigi anda aman dari gigi berlubang. Ingatlah bahwa dibutuhkan banyak waktu tetapi imbalannya sangat besar.

Loading...

Jenis benang gigi yang Anda pilih harus lembut namun tidak mudah putuh karena dapat tersangkut ke dalam kawat gigi. Anda dapat menggunakan benang lilin (wax) untuk flossing. Jika Anda bertanya kepada apoteker, maka ia akan menunjukkan beberapa benang gigi yang baik.

READ:  Infeksi Bakteri Oral dan Gingivitis HIV

–  Ada dua jenis benang yang dapat anda beli. Yang pertama adalah pada benang wax biasa, di mana anda dapat membelinya di apotek.

– Tipe kedua adalah benang yang kaku. Benang gigi ini pada dasarnya menggabungkan threader dan benang ke dalam satu produk.

– Produk lain yang dapat anda beli untuk kesehatan mulut adalah waterpik. Anda dapat menggunakan waterpik jika Anda benar-benar tidak punya banyak waktu di pagi hari untuk flossing, yang dapat menghabiskan waktu karena kawat gigi Anda. Tapi itu bukan berarti menggunakan waterpik sebagai pengganti flossing. Anda perlu melakukan flossing untuk menjaga gigi Anda tampak bersih. Waterpik tidak pernah bisa menggantikan flossing.

READ:  Bagaimana Perawatan Menggunakan Kawat Gigi

Flossing yang benar

Setelah Anda flossing antara gigi Anda, selanjutnya Anda dapat melakukan flossing seperti yang biasa Anda selalu lakukan.

– Jika Anda telah mengenakan kawat gigi baru-baru ini, gigi Anda akan bergerak dan gusi harus sedikit longgar. Bila Anda sedang flossing, lakukan dengan lembut ke arah gusi juga. Jika gusi berdarah, janganlah panik, kondisi ini adalah normal jika terjadi sekali-sekali. Jika gusi Anda berdarah banyak, berkonsultasilah dengan dokter gigi yang merawat kawat gigi Anda.

– Membersihkan gusi Anda ketika memakai kawat gigi sangatlah penting. Ini adalah di mana sebagian besar makanan yang Anda makan terjebak di gigi. Bahkan makanan dapat menyebabkan pendarahan pada gusi akibat pembengkakan jaringan dan iritasi, oleh karena itu hal ini harus dibersihkan. Selalu ingat juga makanan yang harus dihindari saat memakai kawat gigi.

READ:  Granuloma Sel Raksasa Perifer adalah Lesi Gingiva Setempat

– Lakukan flossing dengan hati-hati. Jangan menerapkan terlalu banyak tekanan pada gigi karena Anda dapat menyakiti gusi.

– Selalu sediakan benang gigi yang banyak karena Anda akan membutuhkannya lebih sering.

Flossing selama memakai kawat gigi secara teratur sama pentingnya dengan menyikat secara teratur, apalagi saat ini Anda sedang mengenakan kawat gigi. Meski melewatkan flossing tidak akan membuat Anda bermasalah, tapi ini akan meningkatkan beban kerja Anda pada saat melakukan flossing, ditambah lagi dapat menyebabkan bau mulut.

Loading...