Gigi Keropos, Berikut Cara Terbaik Memeliharanya

Gigi Keropos, Berikut Cara Terbaik MemeliharanyaKesehatan gigi tentunya harus dirawat dengan baik dan benar. Sebab jika tidak dirawat, gigi akan mudah keropos, rusak dan akhirnya tanggal. Ketika gigi rusak pasti akan menganggu aktivitas makan kita sehari-hari. Masalah terjadi pada gigi yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah gigi yang keropos. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gigi keropos. Misalnya sering minum atau makan makanan panas dan dingin, jarang membersihkan gigi dan masih banyak lainnya. Gigi keropos disebabkan oleh karier gigi yang rusak. Berikut ini saya akan memberikan beberapa cara merawat gigi keropos yang paling efektif dan mudah.

Fluoride

Loading...

Mengatasi masalah gigi yang keropos, Anda dapat memberikan fluoride pada gigi Anda. Fluoride mengandung bahan yang dapat membantu menguatkan gigi. Sebenarnya fluoride terdapat pada pasta gigi dengan takaran tertentu. Tetapi hanya dari pasta gigi saja tidak cukup memenuhi kebutuhan fluoride untuk gigi Anda artinya sebaiknya Anda menambahkan fluoride lain. Kandungan fluoride juga bisa didapatkan dari mountwash atau obat kumur, larutan, gel dan varnish. Namun pemberiannya juga tidak boleh berlebihan, harus sesuai takaran tertentu.

READ:  Gigi Keropos? No Way!

Hilangkan Plak Gigi

Plak yang menempel pada gigi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gigi menjadi keropos. Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi gigi keropos adalah dengan mengontrol atau menghilangkan plak pada gigi. Untuk menghilangkan plak gigi, Anda harus rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari. Gosok gigilah pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur malam. Pada tidur malam air liur tidak bekerja dengan efektif sehingga fluoride dalam pasta gigi akan melapisi gigi dengan baik. Sehingga plak gigi akan ikut terkikis juga. Selain menggosok gigi juga bisa dengan cara alami. Seperti bersiwak, dengan menggunakan kulit jeruk, strawberry dan masih banyak lainnya untuk menghilangkan karang gigi.

READ:  Langkah-langkah Untuk Mencegah Gigi Berlubang

Konsumsi Makanan Berkalsium

Gigi yang mudah keropos salah satu penyebabnya karena kurang kalsium. Kalsium akan membantu gigi menjadi lebih kuat dan sehat. Jadi jika gigi anda mudah keropos, cobalah untuk makan atau minum yang banyak mengandung kalsium. Ada banyak sekali jenis makanan atau minuman yang mengandung kalsium. Seperti susu sapi, telur, sayuran segar dan masih banyak lainnya. Untuk anak kecil yang masih dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan berkalsium. Ini akan membantu pertumbuhan gigi dan tulang yang lebih kuat.

Kesehatan gigi memang sangatlah penting. Kita harus merawatnya dengan baik. Jika gigi sudah keropos, anda akan sulit dalam menelan atau mengunyah makanan. Untuk membuat gigi lebih kuat, anda bisa melakukan cara yang sudah saya sebutkan diatas. Cara merawat gigi keropos diatas, sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Anda harus melakukannya dengan rutin, supaya gigi keropos anda menjadi lebih sehat dan kuat. Jika tidak segera diatasi, gigi anda harus di tambal atau diganti.

READ:  Perawatan Mencuci Gigi

Loading...