Bahaya Dibalik Baking Soda untuk Memutihkan Gigi

Bahaya Dibalik Baking Soda untuk Memutihkan GigiMenjaga penampilan tentu merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang karir Anda, terlebih lagi Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk berjumpa dengan banayak orang. Penampilan gigi akan menjadi nilai tambah atau kurang untuk anda jika Anda mengetahuinya. Selain sangat berperan penting dalam menunjang karir Anda, dengan memiliki gigi yang bersih Anda juga akan memiliki banyak teman.

Banyak cara yang dilakukan orang untuk menjadikan gigi terlihat bersih dan sehat salah satu yang akan dibahas pada artikel ini yaitu menggunkan baking soda. Baking soda memang terkenal sangat efektif memutihkan gigi. Baking soda dapat menghilang perubahan warna pada gigi sehingga gigi menjadi putih berkilau dalam waktu yang relatif singkat. Pada penggunaan yang tepat, baking soda juga mampu melenyapkan kotoran dan plak gigi yang diakibatkan oleh teh, kopi, dan lain-lain. Bahkan bisa menjangkau kotoran pada celah-celah gigi.

Loading...

READ:  Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Berubah Warna

Apa itu Baking Soda?
Baking soda berupa bubuk putih, yang biasanya digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai pengembang kue. Mereka lebih akrab dengan sebutan soda kue. Baking soda adalah bahan kimia sintetis dengan nama senyawa natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Rumus kimianya adalah NaHCO3. Senyawa ini termasuk kelompok garam yang bersifat basa, korosif, dan abrasif.

Manfaat Baking Soda
Selain sebagai pengembang kue, baking soda juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya untuk meredakan asam lambung, meredam kaki yang kelelahan, mengatasi gigitan serangga, serbuk pembersih panci, porselen, enamel, dan permukaan keras lainnya, serta memutihkan kulit dan gigi.

Kelebihan Memutihkan Gigi dengan Baking Soda
Baking soda sangat efektif membersihkan gigi dengan banyak kelebihan, di antaranya mampu menghilangkan perubahan warna pada gigi, mampu menjangkau celah-celah dan retakan gigi, dan mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu baking soda juga membuang penumpukan plak gigi, menghilangkan bau mulut, dan mencegah penyakit gigi dan gusi.

READ:  Penyebab Gigi Sensitif

Bahaya Memutihkan Gigi dengan Baking Soda
Bagaimanapun juga, baking soda adalah bahan kimia sintetis. Penggunaannya harus hati-hati karena baking soda adalah bahan kimia yang bersifat abrasif. Penggunaan baking soda secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan merusak permukaan gigi dan gusi.

Enamel gigi akan mengalami penipisan sehingga gigi menjadi transparan dan warnanya malah menjadi gelap. Di samping itu gigi juga akan mengalami korosi dan mudah rapuh atau keropos. Karena itu, jangan menggunakan baking soda secara langsung. Artinya, jangan membuat racikan atau ramuan pemutih gigi dengan mencampur baking soda, berapapun ukurannya, karena kita tidak tahu standar ukuran yang tepat.

READ:  Tips dan Cara Menjaga Agar Gigi Tidak Rusak

Jika ingin mendapatkan manfaat dari baking soda dalam memutihkan gigi, gunakan saja pasta gigi yang mengandung baking soda. Baking soda dalam pasta gigi tentunya telah memenuhi standar, telah melalui uji klinis, dan telah direkomendasikan oleh pakar kesehatan gigi.

Loading...