Solusi Bagi Orang Tua Cegah Berlubangnya Gigi Balita

Solusi Bagi Orang Tua Cegah Berlubangnya Gigi BalitaGigi balita yang tidak dirawat dan diperhatikan oleh orang tua maka akan cepat mengalami kerusakan salah satunya berlubang pada gigi. Gigi berlubang merupakan gigi yang rusak akibat adanya bakteri pada gigi anda. Gigi berlubang merupakan penyakit yang tidak hanya menyerang orang dewasa namun penyakit ini lebih rentang terkena pada balita.

Oleh sebab itu bagi Anda orang tua sebaiknya memperhatikan gigi anak Anda sejak dini. Sebelum gigi anak balita anda berlubang ada baiknya anda mengetahui cara mencegah gigi berlubang pada balita Anda.

Pergi ke dokter gigi sejak dini

Mengunjungi dokter gigi sedini mungkin akan sangat baik bagi Anda. Sebab dengan mengunjungi dokter dalam usia balita,  maka Anda orang tua bisa mengetahui gejala dan tanda awal gigi yang kurang sehat pada balita Anda dan mungkin juga Anda harus memeriksakan gigi Anda.

READ:  Bahaya Jika Gigi Anak Diberikan Pemutih Gigi

Merawat kesehatan gigi

Sebaiknya Anda merawat gigi balita Anda sejak kecil. Jangan meremehkan masalah gigi pada balita karena bisa saja itu menjadi pemicu awal dari kerusakan gigi saat anak Anda tumbuh dewasa nantinya.

Jangan biasakan anak tidur dengan mengisap botol

Sudah menjadi kebiasaan bagi para ibu menidurkan anaknya dengan susu formula dan juga jus. Padahal jika anak Anda tidur dan diawali dengan makanan dan minuman manis maka akan berfek buruk pada gigi anak Anda.

Obat dengan beragam rasa

Obat yang Anda berikan kepada anak biasanya memiliki rasa dan warna yang beragam. Hal itu disebut dengan obat berperisa. Sering mengonsumsi obat tersebut akan berbahaya bagi anak utamanya kesehatan giginya jika Anda tidak cepat menyuruhnya berkumur. Sebab plak pada gigi balita akan menumpuk jika tidak Anda ikuti dengan berkumur dan cepat meminum air putih.

READ:  Pilih dan Ganti Sikat Gigi

Mengganti botol dengan cangkir

Hindarilah untuk terlalu lama menggunakan botol pada balita Anda. Secepatnya anda harus mengganti botol out dengan gelas agar gigi mereka bisa aman dari bakteri penyebab gigi berlubang anak. Botol bisa saja memiliki bakteri yang tertinggal di sela-sela mulut botol.

Makanan untuk gigi sehat balita

Berikanlah makanan yang sehat pada balita. Hindari makanan instan dan perbanyaklah buah dan juga makanan yang mengandung kalsium yang baik gigi anak Anda.

Itulah beberapa cara mencegah agar balita Anda memiliiki gigi berlubang. Jangan lupa untuk menerapkan yang terbaik bagi kesehatan gigi balita Anda.