Saat Gigi Kembali Sakit Setelah Perawatan Akar Gigi

Saat Gigi Kembali Sakit Setelah Perawatan Akar GigiTahukah  Anda jika setiap gigi itu memiliki jumlah akar yang berbeda-beda. Seperti gigi seri depan rahang atas hanya memiliki 1 akar dan 1 saluran akar, gigi geraham kecil pertama rahang atas memiliki 2 akar dengan  1, 2, atau 3 saluran akar. Sedangkan gigi geraham besar pertama rahang bawah biasanya memiliki 2 akar, namun terkadang 3 akar, dengan jumlah total saluran akar bervariasi antara 3 sampai 6 saluran akar. Begitu pula dengan gigi-gigi lainnya bervariasi jumlah akar dan saluran akar giginya.

Pada kasus gigi yang terinfeksi kembali, diperlukan perawatan saluran akar ulang. Besar kemungkinan penyebab kegagalan perawatan sebelumnya adalah pembersihan saluran akar yang masih belum sempurna, dan berarti perlu dilakukan pencarian saluran akar lainnya untuk selanjutnya dilakukan proses pembersihan saluran akar gigi.

Loading...

READ:  Perawatan Karies Akar Gigi

Sebaiknya gigi yang masih bisa dipertahankan, jika memang masih memenuhi persyaratan untuk dipertahankan. Anda dapat kembali mengunjungi dokter gigi sebelumnya atau mencari dokter gigi spesialis konservasi gigi. Memang diperlukan kesabaran dan ketelitian yang tinggi dari operator untuk melakukan perawatan saluran akar gigi. Apalagi dengan adanya saluran akar tambahan yang terkadang tidak dapat dijangkau oleh alat kedokteran gigi, maupun obat-obatan yang dimasukkan ke dalam saluran akar gigi.

Begitu pula diperlukan kesabaran dari pasien dalam menjalani perawatan saluran akar gigi yang terkadang memerlukan waktu cukup lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab dokter gigi terkompetensi dengan baik untuk mengatasi hal tersebut.

Loading...