Jantung Sehat dengan Rajin Menyikat Gigi

Jantung Sehat dengan Rajin Menyikat GigiSemua orang tentu ingin terhindar dari segala macam penyakit. Namun dengan gaya hidup seseorang dapat mendatangkan penyakit. Sekarang penyakit yang paling banyak oang takuti yaitu penyakit stroke dan serangan jantung. Jika Anda tidak ingin mengidap penyakit ini, sebaiknya jagalah selalu kesehatan mulut dan gigi dengan cara menggosok gigi secara benar dan teratur.

Mungkin selama ini orang beranggapan jika menyikat gigi hanya untuk menjaga gigi tersebut tetap bersih, sehat, mencegah gigi berlubang atau pun masalah gusi. Namun sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Inggris, membersikan mulut dan gigi dapat menghindarkan Anda dari penyakit jantung dan serangan stroke.

Loading...

“Kami sekarang  mengetahui bahwa infeksi bakteri adalah  salah satu faktor risiko independen bagi penyakit jantung. Dengan kata lain, tanpa mempedulikan seberapa fit, langsing atau sehat badan Anda, peluang untuk mengidap pemyakit jantung akan meningkat jika gigi anda buruk,” ungkap Profesor Howard Jenkins dari University of Bristol Inggris dalam pertemuan Society for General Microbiology di Dublin.

READ:  Penis Extender Are the Best Method for Penis Enlargement

Dalam hasil risetnya, Jenkins mengemukakan sedikitnya terdapat 700 jenis bakteri dalam mulut manusia.  Apabila gigi tidak dibersihkan secara teratur dan benar, maka bakteri ini akan berkembang cepat dalam mulut.

Kebanyakan dari bakteri ini, kata Jenkins memang tidak berbahaya dan bahkan penting bagi kesehatan. Namun ada beberapa di antaranya yang dapat memicu proses biologis dan menimbulkan penyakit pada pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung dan stroke.

“Mulut kita mungkin adalah tempat terkotor dalam tubuh. Jika Anda memiliki pembuluh darah yang terbuka akibat gusi berdarah, bakter ini akan mendapatkan jalan masuk  menuju peredaran darah,” imbuh Steve Kerrigan dari Royal College of Surgeons di Dublin.

READ:  Tips Untuk Mencegah Bau Mulut

Ketika masuk ke dalam darah, jenis-jenis bakteri tertentu akan menempel pada sel-sel darah yang dinamakan platelet, dan menyebabkan sel-sel ini menggumpal dalam pembuluh sehingga menyumbat dan mengganggu alirah darah ke jantung.

“(Melaui riset) kami berhasil menirukan tekanan di dalam pembuluh darah dan jantung serta mendemonstrasikan bahwa bakteri menggunakan mekanisme berbeda untuk menyebabkan platelet ini menyatu bersama dan membuat mereka benar-benar menyelimuti bakteri,” ungkap Jenkins.

Proses ini, kata Jenknis,  tidak hanya akan menimbulkan suatu kondisi yang dapat memicu serangan jantung dan stroke, namun juga dapat memberikan proteksi bagi bakteri terhadap sistem kekebalan tubuh dan antibiotik.

Loading...