Mengetahui Proses Terjadinya Karies Gigi

Mengetahui Proses Terjadinya Karies GigiMungkin Anda sudah tahu apa itu karies gigi. Namun banyak yang belum tahu bagaimana sebetulnya proses sehingga terjadi karies pada gigi tersebut oleh  itu pada artikel kai ini infogigi.com akan membahas hal tersebut. Karies gigi adalah merupakan penyakit multifaktor yang merupakan hasil kombinasi dari 4 faktor utama yaitu inang dan gigi, mikroorganisme di dalam plak, substrat begitu juga dengan waktu

Terjadinya proses karies gigi itu dimulai karena adanya plak di permukaan gigi, sukrosa (gula) dari sisa makanan dan bakteri berproses menempel pada waktu tertentu yang berubah menjadi asam laktat yang akan menurunkan pH mulut menjadi kritis sehingga akan menyebabkan demineralisasi email berlanjut menjadi karies gigi.

READ:  Jenis Karies Gigi Menurut Lokasinya

Biasanya karies terlihat berwarna cokelat kehitaman atau noda-noda putih yang bila diraba dengan sonde, email belum tersangkut. Secara perlahan-lahan demineralisasi interna berjalan ke arah dentin melalui lubang fokus tetapi belum sampai kavitasi (pembentukan lubang). Kavitasi akan timbul bila dentin terlibat dalam proses tersebut.

Lama-kelamaan bagian karies ini akan terasa kasar serta diikuti dengan tertahannya sonde. Namun kadang-kadang begitu banyak mineral hilang dari inti lesi sehingga permukaan mudah rusak secara mekanis, yang menghasilkan kavitasi yang makroskopis dapat dilihat. Karies yang berwarna cokelat kehitaman lebih lama menimbulkan lubang pada gigi sedangkan noda yang berwarna putih lebih cepat menimbulkan lubang.