Gigi Lurus dan Terlihat Rapi Tanpa Pengait Kawat Behel

Gigi Lurus dan Terlihat Rapi Tanpa Pengait Kawat BehelPengait kawat behel salah satu alat yang banyak digunakan oleh orang utamanya para wanita untuk mempercantik penampilan gigi. Namun dengan banyaknya model dan bentuknya, banyak orang yang tidak merasa nyaman saat menggunakannya. Sebetulnya untuk menciptakan gigi yang lurus dan rapi, saat ini ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meluruskan gigi yang tidak rata dan miring.

Kawat gigi telah lama digunakan sebagai cara untuk meluruskan gigi yang berantakan. Isitilah ‘kawat gigi’ diartikan sebagai perangkat yang digunakan untuk meluruskan gigi yang tidak rapi. Namun, istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada kawat gigi logam, dimana sebagian besar penggunanya ada yang merasa nyaman, dan ada juga yang merasa canggung dan menyakitkan. Tidak hanya itu, kawat gigi ini juga dapat mengiritasi mulut.

Loading...

Meski begitu, saat ini terdapat banyak pilihan, sejauh kawat gigi yang bersangkutan. Anda dapat memilih kawat gigi keramik berwarna. Jika anda ingin meluruskan gigi tanpa komponen logam, tidak tertutup kemungkinan dengan inovasi terbaru dalam kedokteran gigi kosmetik.

READ:  Perawatan Saat Memakai Kawat Gigi

Invisalign

Ini adalah salah satu metode yang populer dalam meluruskan gigi yang tidak sejajar, hampir mirip kawat gigi yang tidak terlibat. Selain itu juga terlihat transparan, alat pelurus plastik ini menyerupai perisai gigi transparan, dan tidak mudah terlihat. Serangkaian alat pelurus gigi ini digunakan untuk jangka waktu sekitar satu sampai dua tahun. Alat pelurus gigi atau aligner ini harus dipakai sepanjang hari dan hanya boleh dilepas saat makan, minum, flossing, dan sewaktu menyikat gigi.

Pengguna juga harus membersihkannya sebelum memakainya lagi. Sistem invisalign adalah cara yang terbaik bagi orang-orang dengan gigi yang mengalami gigi berantakan tahap ringan. Metode ini mungkin tidak berguna bagi orang-orang tertentu, bagi mereka dengan gigi yang berjejal, crossbite atau overbite. Bila dibandingkan dengan kawat gigi logam biasa, invisalign dapat terbilang mahal.

Porselen atau komposit veneer

Veneer tidak benar-benar dapat digunakan untuk merapikan gigi, namun dapat menutupi ketidaksempurnaan dengan cara yang mudah. Veneer seperti halnya dengan kuku palsu. Bentuknya seperti strip tipis yang diterapkan pada gigi untuk menutupi masalah ortodontik kecil dan membuat gigi terlihat lurus.

READ:  Kawat Gigi

Veneer terbuat dari porselen atau bahan komposit. Hal ini dapat menjadi solusi yang mudah dan cepat untuk meluruskan gigi tanpa kawat gigi. Selain meluruskan gigi, veneer juga efektif dalam menutupi ketidaksempurnaan seperti gigi yang terkelupas, perubahan warna gigi, gigi retak dan pecah, gigi tidak rapi, dll.

Meskipun dapat meningkatkan penampilan gigi, ada kemungkinan juga untuk mengalami kerusakan saat pembubuhan. Veneer ini harus diganti dari waktu ke waktu. Veneer porselen dapat bertahan lebih lama dan lebih mahal, dibandingkan dengan bahan komposit. Dalam hal ini juga, ketidakrapian gigi yang tidak parah dapat ditutupi secara efektif.

Alternatif cara meluruskan gigi lainnya

Jika anda tidak merasa nyaman dengan visibilitas kawat gigi logam, anda dapat mencoba memakai kawat gigi lingual, yang melekat pada bagian dalam gigi. Anda dapat menjauh dari penampilan jelek, karena tidak ada yang dapat dengan mudah untuk melihat kawat gigi tersebut. Jika anda ingin menghindari iritasi yang disebabkan oleh kawat gigi konvensional, anda dapat memilih seperti kawat gigi merek damon, 3m unitek yang tidak memakai unsur elastis atau logam dan lebih nyaman bagi pengguna. Anda juga dapat pergi untuk kawat gigi keramik, yang kurang terlihat dari kawat gigi logam. Dibandingkan dengan kawat gigi logam, visibilitasnya akan lebih rendah.

READ:  Hairy Tongue

Perlu diingat bahwa sebagian besar pilihan untuk meluruskan gigi menggunakan alat yang berbeda, untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Tidak ada cara yang benar-benar alami untuk meluruskan gigi yang tidak rata. Ortodontis atau dokter gigi anda akan dapat menyarankan pilihan terbaik bagi anda, tergantung pada berbagai faktor seperti tingkat kenyamanan, visibilitas bahan yang digunakan, dan tingkat keparahan. Faktor lain yang perlu dikaji adalah biaya prosedur ortodontik yang anda pilih. Akan selalu lebih baik untuk menentukan metode dalam meluruskan gigi yang tidak rapi, sesuai saran dokter gigi.

Loading...