Penyebab dan Pertanda Lidah Gatal Serta Cara Mengatasinya

Penyebab dan Pertanda Lidah Gatal Serta Cara MengatasinyaLidah merupakan bagian terpenting pada organ tubuh manusia dan juga merupakan salah satu otot yang paling kompleks yang dimiliki manusia. Otot ini membantu untuk mengunyah makanan dan salah satu indera perasa yang dapat merasakan jenis makanan tertentu atau cairan manis, pahit, asin atau asam.

Reseptor lidah juga dikenal sebagai alat pengecap dan tersebar di seluruh permukaan lidah. Otot lidah terus-terus memproduksi air liur selain itu lidah memiliki banyak pembuluh darah dan saraf yang terdapat didalamnya.

Loading...

Lidah merupakan salah satunya tempat masuknya makanan dan juga cairan olehnya itu lidah merupakan jaringan yang paling terpengaruh kedua di daerah mulut setelah gusi, Banyak masalah yang terjadi jika kesehatan bagian mulut dan bagiannya tidak dijaga dengan baik karena bagian dalam mulut terdapat celah-celah kecil di mana sisa-sisa makanan, sel-sel kulit mati dan bakteri dapat terkumpul merupakan salah satu faktor risiko utama. Salah satu masalah yang paling umum bahwa seseorang dapat mengalami masalah lidah gatal. Mari kita lihat apa saja penyebab dari masalah ini.

Penyebab lidah gatal

Beberapa masalah yang paling umum yang dapat menyebabkan munculnya lidah gatal:

READ:  Penyakit Kanker Mulut

Reaksi alergi

Ini adalah bagain utama sehingga membuat gatal pada lidah Anda, terutama jika Anda tahu mengalami alergi secara umum (misalnya, Anda memiliki demam). Hal ini juga dikenal sebagai sindrom alergi oral.

  • Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa protein yang ditemukan di beberapa buah-buahan segar dan sayuran yang hampir sama dengan protein yang menyebabkan alergi (misalnya, serbuk sari atau birchweed).
  • Beberapa buah-buahan yang paling umum dan sayuran yang dapat menyebabkan lidah gatal sebagai reaksi alergi adalah: peach, nectarine, apel, ceri, plum, pir, melon, kiwi, pisang, wortel, seledri, mentimun, zucchini.
  • Kacang juga merupakan salah satu penyebab munculnya lidah gatal, seperti hazelnut dan almond.
  • Jenis lain dari makanan dapat menyebabkan reaksi alergi yang disertai dengan lidah gatal, antara lain: ikan, kerang, kedelai, telur, gandum, dan juga susu.

Dermatitis kontak

Hal ini dapat menyebabkan munculnya lidah gatal, setelah jaringan telah memasuki ke dalam mulut dengan zat kimia berbahaya. Hal yang sama berlaku untuk kosmetik tertentu atau produk lain dalam kategori perawatan kesehatan. Dermatitis kontak dapat muncul jika Anda menggunakan pasta gigi yang kuat dan mengandung bahan yang menyebabkan alergi. Hal ini juga dapat muncul sebagai reaksi alergi terhadap berbagai jenis obat.

READ:  Penyebab Sakit Gigi yang Berkaitan dengan Sakitnya Kepala

Infeksi

Adanya Infeksi oleh bakteri, virus dan jamur di daerah mulut juga merupakan dapat penyebab lidah menjadi gatal.

Sindrom mulut terbakar

Sindrom mulut terbakar merupakan penyebab yang dapat menyertai lidah menjadi gatal

Pengobatan untuk lidah gatal

Beberapa program dibawah ini yang paling umum dilakukan untuk lidah gatal:

  • Obat anti-alergi dalam kasus alergi (anti-histamin)
  • Epinefrin darurat atau adrenalin dalam kasus reaksi alergi parah, diikuti dengan syok anafilaksis
  • Kortikosteroid dapat membantu mengurangi peradangan dan menenangkan gatal dalam kasus dermatitis kontak. Namun, tidak boleh digunakan sebagai pengobatan untuk jangka waktu lama karena dapat menyebabkan efek samping yang serius.
  • Obat anti-bakteri untuk infeksi bakteri (antibiotik spektrum)
  • Obat anti virus untuk infeksi virus
  • Obat anti-jamur untuk infeksi jamur
  • Obat kumur antiseptik
  • Anti-inflamasi obat untuk membantu dengan pembengkakan tambahan

Pengobatan di rumah

Saat seseorang terjangkit lidah gatal dan mengambil pengobatan rumah, yang dapat dilakukan hanya dengan minum obat. Berikut pengobatan yang dapat dilakuan dirumah dan  paling umum dapat Anda gunakan dalam kasus lidah gatal:

  • Ramuan Butterbur – zat alami yang terkandung dalam ramuan ini dapat membantu. Tidak hanya dengan gatal-gatal, tetapi juga dengan peradangan tambahan.
  • Berkumur – ini sangat dianjurkan jika Anda memiliki infeksi pada daerah mulut. Pastikan untuk mencampur air hangat dengan garam dan berkumur setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Madu – dianjurkan untuk sifat anti-bakteri nya.
  • Baking soda diindikasikan untuk perawatan mulut.
  • Mengunyah keripik es dapat membantu masalah lidah gatal. Namun, Anda harus menahan dari dinginnya es.
  • Mengunyah daun mint juga dapat membantu, mengurangi intensitas gatal.
  • Minyak lavender juga direkomendasikan untuk masalah tersebut lidah gatal.
  • Gliserin dapat membantu mengurangi intensitas gejala dan juga untuk memperbaiki lesi yang ada.
READ:  Mengetahui Penyebab Bintik Bintik Putih Pada Bibir Atas

Seperti yang dapat Anda lihat sendiri, ada pengobatan medis dan pengobatan rumah yang tersedia untuk lidah gatal. Namun tetap dengan perawatan medis maka masalah lidah gatal yang Anda derita segera teratasi.

Loading...