Mengatasi Gigi Seri Yang Tumbuh Miring Pada Anak

mengatasi-gigi-seri-yang-tumbuh-miring-pada-anakFase pertumbuhan gigi pada manusia memiliki patokan tersendiri. Sebetulnya banyak yang tidak mengetahui bahwa pertumbuhan gigi tersebut sudah mulai pada saat kehamilan wanita sekitar 4 minggu. Setelah kelahiran, maka akan terlihat gigi susu atau gigi primer dan diperkirakan bayi berumur sekitar 6 sampai 7 bulan. Walaupun demikian, karena erupsi atau kemunculan gigi pertama ini berbeda-beda.

Namun terkadang ada juga yang tumbuh saat usia anak beranjak satu tahun. tetapi ada juga yang bahkan pada bulan-bulan pertama kelahirannya, gigi ini sudah muncul, istilahnya gigi neonatal. Jadi, bagi orang tua sebenarnya tidaklah perlu untuk merasa panik apabila saat lahir si kecil sudah ada giginya atau gigi bayi tidak kunjung muncul meski si kecil sudah berusia 6 bulan.

READ:  Solusi Bagi Orang Tua Cegah Berlubangnya Gigi Balita

Pada biasanya, gigi susu pada rahang bagian bawah akan tumbuh lebih awal dibandingkan dengan gigi susu rahang atas. Gigi susu bayi perempuan pada umumnya timbul lebih awal daripada gigi susu bayi laki-laki.

Pertumbuhan gigi susu yang terlambat dapat berhubungan dengan masalah nutrisi, misalnya penyakit kekurangan vitamin D (hal ini jarang sekali terjadi di negara tropis), ataupun penyakit kekurangan hormon kelenjar gondok (penyakit ini pun juga jarang sekali terjadi).

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir jika pertumbuhan gigi susu pertama yang tidak lurus. Kadang-kadang gigi susu memang tumbuh tidak lurus, atau agak miring. Hal ini berhubungan dengan letak gigi yang bersebelahan dengan gigi yang bersangkutan (terhambat/ tertekan oleh pertumbuhan gigi sebelahnya) atau mungkin karena kebiasaan anak mengisap ibu jari (jempol).

READ:  Rekonstruksi Jaringan Gusi Buatan

Bila gigi susu tumbuh tidak lurus, atau tidak rapat, tenang saja. Gigi susu akan tanggal pada waktunya dan akan digantikan oleh gigi permanen.