Menerapkan kesan positif pada anak mengenai seorang dokter gigi

Kesan pertama merupakan segalanya. Mungkin kata-kata itu harus selalu Anda ingat, jika ingin mengajak anak Anda memeriksakan giginya. Buatlah kunjungan pertamanya ke dokter gigi menjadi berkesan dan tentunya memberikan kesan yang positif. Dan berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan kesan positif pada anak Anda mengenai seorang dokter gigi :

– Sebelum membuat janji pertemuan dengan dokter gigi, usahakan untuk membacakan terlebih dahulu buku-buku cerita yang berhubungan dengan dokter gigi. Misalnya, Barney Goes to the Dentist oleh Linda Cress Dowdy, dan buku cerita lainnya. Atau Anda dapat mengarang sebuah cerita mengenai dokter gigi.

Loading...

– Menonton video mengenai dokter gigi dan kunjungan ke dokter gigi. Misalnya A Trip to the Dentist Through Pinatta’s View oleh Boggle Goggle.
– Mengajak anak Anda melihat-lihat situs web yang menjelaskan kegiatan kunjungan ke okter gigi dan apa yang dilakukan saat kunjungan tersebut.
– Anak-anak biasanya takut akan sesuatu yang tidak ia ketahui. Untuk itu sangat penting untuk berbicara secara positif mengenai dokter gigi dan prosedurnya. Dan jangan lupa untuk tersenyum dan tetap rileks saat membicarakan masalah tersebut. Anak-anak sangatlah pintar, ia dapat merasakan emosi Anda, membaca gerak tubuh dan reaksi Anda.
– Mengganti kata-kata dengan yang lebih menyenangkan. Misalnya, mengganti rasa sakit dengan “perasaan yang kurang menyenangkan,” mengganti suntikan dengan “gigitan oleh nyamuk.”
– Hindari kata-kata yang memiliki konotasi negatif. Dan jangan pernah menggunakan dokter gigi atau prosedurnya sebagai ancaman pada anak Anda.
Berikan dorongan dan pembelajaran pada anak Anda mengenai pentingnya kesehatan gigi, tentunya dengan cara penyampaian yang positif. Buatlah kunjungan ke dokter gigi menjadi hal yang menyenangkan.

READ:  Kemasan Pasta Gigi

Loading...