Arab Saudi Menarik 7 Merk Produk Pasta Gigi Impor dari China

Pemerintah Arab Saudi menarik tujuh merk produk pasta gigi impor dari China, karena pasta gigi-pasta gigi itu mengandng zat kimia berbahaya. Keterangan kementerian industri dan perdagangan Arab Saudi dalam situsnya menyebutkan, setelah dilakukan pengujian, ditemukan kandungan diethylene glycol yang biasa digunakan sebagai pendingin dan pelarut. Zat ini berbahaya jika terkandung dalam makanan dan obat-obatan.

Disebutkan pula bahwa aparat berwenang di negeri kaya minyak itu, telah memerintahkan agar pasta gigi yang mengadung zat tersebut ditarik dari pasaran dan dimusnahkan. Bagi konsumen yang masih menemukan tujuh produk pasta gigi itu di toko-toko, diminta untuk melaporkannya ke kantor kementerian industri dan perdagangan.

Semua produk pasta gigi impor dari China, kini harus menjalani pengujian laboratorium di Arab Saudi, negara yang berpenduduk lebih dari 24 juta jiwa. Namun menurut kementerian perdagangan dan industri, pengujian terhadap kandungan makanan dan obat-obatan merupakan hal yang rutin dilakukan. Produk-produk asal China, mulai dari makanan, obat-obatan, mainan sampai pakaian, kini memang sedang menjadi sorotan internasional karena tidak memenuhi syarat kesehatan.

READ:  Pro dan Kontra Mengenai Pasta Gigi yang Mengandung Bahan Triclosan