Tips Memelihara Gigi Anak yang Mulai Tumbuh

Berikut beberapa tips dalam upaya memelihara gigi anak yang mulai tumbuh.

  • Jadikan suasana menyikat gigi adalah suasana yang menyebabgkan. Anda dapat menggunakan sikat gigi dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam. Selain itu, pilihlah sikat gigi yang kecil sesuai dengan bentuk mulut anak dan bulu sikat yang lembut.
  • Ingatkan anak untuk menyikat giginya setidaknya sehari dua kali. Temani dan ajarkan anak jika perlu.
  • Bantu anak untuk menggosok giginya sebelum tidur. Posisi yang paling mudah dalam membantu anak menyikat gigi adalah dengan berdiri di belakang atau di samping anak. Tangan orang tua melingkari leher anak. Pegang sikat gigi dengan posisi yang paling nyaman. Selesai menyikat gigi, jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada anak dengan cara memujinya.
  • Batasi makanan dan minuman ringan, terutama yang manis seperti permen dan minuman bersoda.
  • Periksa kesehatan gigi secara berkala ke dokter gigi.

Perawatan gigi susu yang hanya membutuhkan waktu yang pendek, akan berpengaruh terhadap perkembangan gigi tetap di kemudian hari. Kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi, yang dimulai secara dini di rumah, dapat meningkatkan peluang sehat mulut pada kehidupan anak sampai dewasa. Perawatan gigi susu diperlukan bagi anak sejak dini agar gigi nampak rapi dan indah. Selain itu, untuk mencegah timbulnya permasalahan pada gigi permanen, seperti gigi yang berjejal, maupun gigi berlubang serta membiasakan anak untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Anak-anak dapat tersenyum indah sampai ia dewasa kelak.