Pulpa Itu Apa Sich?

Dalam gigi terdapat kamar pulpa, Pulpa adalah jaringan lunak yang terdiri dari pembuluh darah dan saraf, yang menyuplai oksigen dan nutrisi untuk gigi, serta berperan dalam menghasilkan kepekaan gigi. Fungsi utama pulpa adalah mengatur pertumbuhan dan perkembangan gigi. Pulpa terletak memanjang dari atap kamar pulpa sampai ujung saluran akar.
Kamar pulpa adalah suatu ruang dalam gigi yang letaknya di antara dasar kamar pulpa dan atap pulpa, dan bentuknya sesuai dengan bentuk luar dari mahkota gigi baik dilihat dari arah depan maupun samping. Dengan bertambahnya usia seseorang, kamar pulpa akan semakin menyempit. Apabila sudah terjadi penyempitan kamar pulpa, pembukaan kamar pulpa (tahap pertama pada PSA) akan menjadi semakin sulit.
Dalam akar terdapat saluran akar yang merupakan “rumah” dari pulpa di bagian akar. Puncak dari saluran akar disebut orifis. Saluran akar membentang dari orifis sampai ujung akar. Pada umumnya saluran akar bentuknya selalu membengkok. Pembengkokan saluran akar sering tidak diketahui/ terlihat pada hasil roentgen karena gambaran roentgen adalah gambar dua dimensi sehingga keakuratannya tidaklah sempurna. Misalnya, saluran akar gigi geraham bengkok ke arah lidah. Roentgen diambil dari arah luar (pipi), maka pada hasil roentgen terlihat seolah-olah saluran akar lurus, bukan? Kebengkokannya baru akan terlihat bila roentgen diambil dari arah depan/ muka, namun hal ini tidaklah mungkin dilakukan, karena hasilnya akan menjadi gambar gigi yang tumpang tindih.

READ:  Penambalan dan Pengobatan Saluran Akar Serta Pencabutan Gigi.

Loading...