Sikat Gigi Ideal

Untuk mendapatkan gigi kuat dan gusi sehat, kita semua pasti selalu menyikat gigi setiap hari. Namun pernahkah kita memperhatikan struktur sikat gigi? Lebih baik kita mengetahi struktur sikat gigi yang selalu kita gunakan sehari-hari ini.

Sikat gigi terdiri dari 3 bagian utama yaitu Kepala, Sikat, dan Pegangan.

Untuk Kepala Sikat:

Kepala sikat biasanya teridiri dari 3 ukuran: large, medium, dan small. Untuk orang dewasa biasanya menggunakan sikat dengan ukuran kepala large, sedangkan untuk anak-anak dianjurkan menggunakan ukuran kepala small.

Material kepala sikat biasanya terbuat dari plastik dan pada saat ini telah banyak kepala sikat yang juga menggunakan karet sebagai tambahan untuk fleksibilitas.

READ:  Merawat Gigi Anak Sejak Dini

Teknologi terakhir ini juga menambahkan kepala sikat dengan pembersih lidah.

Untuk Bulu Sikat:

Bulu sikat terbuat dari bahan nilon. Tipe bulu sikat terbagi menjadi 3 yaitu soft, medium, dan hard.

Bulu sikat hard bagus untuk gigi yang besar dan gusi yang kuat sedangkan bulu sikat soft biasanya dianjurkan untuk orang dengan gigi sensitif atau orang yang tidak menggunakan tekhnik sikat gigi yang benar. Bulu sikat yang cocok dengan kebanyakan orang adalah bulu dengan tipe medium.

Bulu sikat sekarang menggunakan microfine bristles (bulu sikat ukuran kecil dan berkualitas baik). Sekarang juga susunan bulu sikat tidak hanya lurus, namun ada juga yang menyilang untuk area menyikat yang lebih luas, dinamakan cross-action toothbrush. Ada pula sikat gigi dengan tambahan whitening agent dan juga menggunakan karet diantara bulu sikatnya.

READ:  Memilih Sikat Gigi yang Bagus

Untuk Gagang Sikat:

Gagang sikat terbuat dari plastik, dan sekarang banyak yang juga dilapisi dengan karet. Bentuk gagang sikat disesuaikan dengan bentuk genggaman kita.

Penggunaan sikat gigi sebenarnya juga tergantung pada cara kita menyikat gigi. Namun tetap saja ada kriteria ideal sikat gigi (untuk kebanyakan orang). Sikat gigi yang ideal untuk kita gunakan adalah sikat gigi yang bentuk kepalanya cocok dengan mulut kita, dengan pegangan yang nyaman (biasanya pegangan dengan bahan karet lebih nyaman), dan bulu sikat medium dirasakan adalah bulu sikat yang paling cocok dengan kita karena cukup kuat untuk meyikat gigi secara tepat, sedangkan susunan bulu sikat sebenarnya tidak terlalu berpengaruh asalkan kita mempunyai metode yang benar dalam menyikat gigi.

READ:  Sariawan dan Cara Mengatasinya

Pada anak kecil lebih baik diberikan sikat gigi dengan warna-warna menarik atau dengan gambar tokoh favorit karena anak-anak akan menyenangi kegiatan menyikat giginya.