Tips untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Kejadian karies pada anak-anak dan remaja di negara-negara Eropa yang paling telah menurun selama beberapa tahun. Ini telah dikaitkan terutama untuk penggunaan fluoride, terutama di pasta gigi, dan kebersihan mulut ditingkatkan. Pada periode yang sama diet, termasuk konsumsi gula dan karbohidrat lain tetap konstan. Ketika rongga dikendalikan oleh fluorida dan perawatan gigi yang teratur (di negara-negara Eropa yang paling), konsumsi moderat gula bukan merupakan faktor risiko utama kecuali pada individu dengan risiko tinggi kerusakan atau tidak menggunakan pasta gigi dengan fluoride.

Lebih dari setengah dari anak-anak Eropa antara 5 dan 7 tahun tidak memiliki gigi berlubang pada gigi bayi mereka (susu). Secara umum, mereka berlubang hanya terpengaruh untuk gigi. The “DMF-T indeks” yang mengacu pada jumlah tambalan busuk, jatuh atau digunakan untuk mengukur frekuensi karies gigi. Pada anak-anak Eropa 12 tahun tingkat mulai menurun selama 80-an dan terus menurun selama 90 sampai mencapai tingkat yang direkomendasikan oleh WHO pada tahun 2000. Para DMF-T angka untuk rentang kelompok usia dari 1 di Finlandia dan Belanda, dan 3 di Portugal, meskipun mereka lebih tinggi di beberapa negara Eropa Timur. Di beberapa negara prevalensi karies adalah polarisasi, dengan 80% dari rongga yang ditemukan hanya 20% dari populasi. Untuk kelompok risiko tinggi dianjurkan strategi intervensi spesifik.

Loading...

Di banyak negara pengurangan karies pada anak-anak sekarang meluas pada remaja dan pemuda. Para orang tua terus gigi mereka lagi. Risiko karies akar, dengan gusi surut juga dapat dikendalikan dengan tindakan pencegahan dijelaskan.

Tips untuk menjaga Kesehatan Gigi

  • Kebersihan mulut yang baik dan penggunaan fluoride sekarang dianggap faktor utama yang bertanggung jawab untuk mencegah kerusakan gigi dan meningkatkan kesehatan mulut yang baik. Tips berikut juga penting untuk menjaga gigi karies bebas
  • Mulai segera merawat gigi, menyikat gigi anak dengan pasta gigi berfluoride saat mereka muncul. Jangan biarkan anak-anak untuk tidur sambil minum dari botol minuman susu, susu formula, jus atau manis. Ini cairan manis yang disimpan di sekitar gigi bayi untuk jangka waktu yang lama dan dapat menghasilkan “bayi botol kerusakan gigi.
  • Menyikat dua kali sehari dengan pasta gigi fluoride dan jika mungkin, membersihkan sela gigi dengan benang atau tusuk gigi sekali sehari. Jangan makan setelah membersihkan gigi pada waktu tidur sebagai aliran saliva berkurang selama tidur.
  • Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan untuk pemeriksaan dan dokter gigi untuk saran sebelum menggunakan produk estetika (misalnya pemutihan gigi) yang dapat merusak gigi.
  • Jangan makan atau minum terus menerus. Biarkan waktu antara makan kesempatan untuk air liur untuk menetralkan asam dan memperbaiki gigi.
  • Orang yang beresiko tinggi memakai gigi dan erosi harus mengambil tindakan pencegahan khusus, seperti: Penurunan frekuensi dan kontak dengan makanan asam dan minuman.
  • Hindari menyikat gigi langsung setelah mengkonsumsi makanan asam, minuman, buah jeruk dan jus. Hal ini memungkinkan waktu untuk remineralisasi terjadi. Para obat kumur fluorinated dan permen karet bebas gula bisa membantu setelah minum makanan dan minuman asam karena mereka mendorong remineralisasi
  • Gusi tanpa gula adalah “teman” dari gigi dan membantu meningkatkan aliran air liur dan membersihkan sisa makanan mulut.
  • Kesehatan gigi yang baik adalah tanggung jawab individu, masyarakat dan pemerintah meskipun kepentingan relatif mereka bervariasi. Sebagai contoh, di beberapa negara Eropa fluoridasi air tidak diterima belum dalam domain publik dan karenanya tanggung jawab untuk mencegah kerusakan gigi tergantung pada individu.
  • Dokter gigi berperan penting dalam memantau kesehatan gigi dan pengobatan atau pencegahan penyakit. Akses ke perawatan gigi yang baik, termasuk review periodik, sangat penting. Bagi sebagian orang, terutama kelompok sosial ekonomi tertekan, akses ke dokter gigi mungkin terbatas. Kelompok ini tujuan penting dari program pendidikan kesehatan gigi. Sekolah juga memiliki peran penting dalam mendidik anak-anak tentang pentingnya kebersihan mulut yang baik dan diet.
READ:  Pro dan Kontra Mengenai Pasta Gigi yang Mengandung Bahan Triclosan

Loading...